Jumat , 25 Nov 2022, 01:11 WIB

Hasil Piala Dunia: Keras dan Menang Dramatis, Portugal Berhasil Hempaskan Ghana 3-2

Rep: Rahmat Fajar / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Cristiano Ronaldo dari Portugal merayakan setelah mencetak gol dari titik penalti saat timnya melawan Ghana selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia di Stadion 974 di Doha, Qatar, Kamis, 24 November 2022.
Foto AP/Manu Fernandez

Cristiano Ronaldo dari Portugal merayakan setelah mencetak gol dari titik penalti saat timnya melawan Ghana selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia di Stadion 974 di Doha, Qatar, Kamis, 24 November 2022.

Cristiano Ronaldo jadi eksekutor tim Portugal saat mendapatkan penalti lawan Ghana

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Portugal meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Ghana di laga perdana Grup H Piala Dunia Qatar 2022, di Stadion Rass Abou Aboud, Doha, Jumat (25/11) dini hari WIB. Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, keran gol terbuka usai turun minum.

Pertandingan juga berlangsung keras, dimana wasit mengeluarkan banyak kartu kuning baik untuk pemain Portugal ataupun Ghana. Bahkan, wasit menambahkan hingga sembilan menit waktu tambahan di babak kedua.

Ronaldo mencatatkan beberapa peluang emas untuk mencetak gol.  Tembakannya berhasil ditepis oleh kiper Ghana ketika pertandingan baru berlangsung 10 menit. Tiga menit berselang Ronaldo kembali mendapat peluang lewat sundulan menyambut umpan silang Raphael Guerriro.

Ghana juga memberikan perlawanan yang cukup ketat. Mereka mampu memotong cukup baik beberapa serangan yang dibangun Ronaldo dan kawan-kawan. Ghana bahkan juga mempunyai peluang yang mengancam pertahanan Portugal.

Jelang waktu normal babak pertama berakhir, Ronaldo memiliki kesempatan bagus membuka keunggulan tepatnya pada menit ke-42. Ronaldo yang kontraknya diputus oleh Manchester United beberapa hari lalu tembakannya diblok. Hingga babak pertama usai skor imbang tanpa gol.

Tak ada pergantian pemain dari kedua tim di awal babak pertama. Portugal tetap menguasai permainan dan meningkatkan tekanan melalui Ronaldo, Bernardo Silva dan Bruno Fernandes. Ghana memiliki peluang di menit ke-53 melalui percobaan Alidu Seidu tetapi gagal berbuah gol.

Petaka bagi Ghana terjadi ketika Mohammed Salisu melakukan pelanggaran di area terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Ronaldo yang menjadi eksekutor sukses melakukan tugasnya dengan baik pada menit ke-65.

Ghana menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-73 melalui tembakan jarak dekat Andrew Ayew yang mengarahkan bola ke tengah gawang. Namun Portugal mencetak dua gol tambahan hanya dalam waktu dua menit yakni menit ke-78 lewat tembakan Joao Felix memanfaatkan assist Fernandes dan menit ke-80 oleh Rafael Leao yang juga mendapatkan assist dari Fernandes.

Ghana terus memberikan perlawanan untuk mencari gol. Usaha mereka berhasil pada menit ke-89 yang memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 melalui gol sundulan Osman Bukari. Gol Osman menjadi gol penutup di laga ini. Kemenangan tersebut membawa Portugal untuk sementara duduk di puncak klasemen Grup H dengan nilai tiga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
portugal vs ghana timnas portugal vs timnas ghana cristiano ronaldo andrew ayew joao felix osman bukari piala dunia 2022 kualifikasi piala dunia piala dunia qatar 2022
Berita Terpopuler
Berita Lainnya