Jumat 25 Nov 2022 20:19 WIB

Platform Gotoko Ungkap 2,5 Juta Warung Terkendala Penuhi Kebutuhan Dagang

Rantai distribusi yang kompleks membuat pemilik warung belanja ke banyak distributor.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Warung - ilustrasi
Foto: blogspot.com
Warung - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform digital, Gotoko mengungkapkan hasil penelitian yang dilakukan masih ada 2,5 juta warung belum terhubung secara langsung dengan brand principals atau underserved retailers. Hal ini kerap menjadi kendala pemilik dalam memenuhi kebutuhan barang dagangannya dengan efisien.

CEO dan President Director Gotoko Gurnoor Singh Dhillon mengatakan kompleksitas rantai distribusi membuat pemilik warung perlu berbelanja ke banyak distributor dengan harga yang kurang bersaing. Kemudian adanya tantangan pengiriman yang membuat pemilik warung perlu mengeluarkan waktu, energi, dan biaya lebih besar yang membuat biaya operasional makin tinggi.

Baca Juga

“GOTOKO fokus untuk memastikan kebutuhan pemilik warung dapat terpenuhi dengan menyediakan beragam produk dengan harga yang kompetitif dan jaminan waktu pengiriman. GOTOKO hadir bukan sebagai disruptor, melainkan sebagai enabler yang bertujuan untuk meningkatkan layanan underserved retailers dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggannya,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya saat ini Gotoko telah beroperasi di 37 kota/kabupaten pada 13 cluster di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Adapun jangkauan operasi Gotoko turut didukung sejumlah warehouse guna mengoptimalkan layanannya.

Adapun strategi Gotoko bertajuk Winning in Many Indonesians berfokus pada pengembangan bisnis secara lokal dan mendalam di wilayah-wilayah operasi Gotoko. Menurutnya strategi ini bertujuan tak hanya untuk meningkatkan penggunaan aplikasi, melainkan untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan sekaligus agar dapat terus memberikan dukungan yang optimal bagi warung-warung yang memang sudah menjadi pelanggan Gotoko.

“Fokus kami terhadap pertumbuhan berkelanjutan di berdasarkan kebutuhan dan keinginan tiap wilayah. Misalnya, gudang tidak hanya kami tempatkan berdasarkan kepadatan jumlah underserved retailers, melainkan di lokasi-lokasi strategis untuk mengoptimalkan tingkat layanan pengiriman agar tepat sasaran. Strategi ini pula yang mendasari aksi ekspansi kami ke Jawa-Bali yang telah dilakukan sejak awal semester kedua tahun ini, bahwa kami akan melakukan ekspansi setelah kami berhasil dan dapat memberikan potensi keberlanjutan bisnis di wilayah,” ucapnya.

Dia menyebut melalui model bisnis yang dilakukan, meski baru meluncur pada Agustus 2020 atau saat puncak pandemi, Gotoko telah menjadi salah satu platform e-B2B terbesar di Indonesia. Hal ini terbukti dari pertumbuhan yang tercatat lebih dari 32 kali lipat sejak tahun lalu.

“Pertumbuhan positif yang kami raih tak lepas dari dukungan yang kami peroleh dari sejumlah stakeholders kami. Tentu saja dari para pemilik warung yang ingin terus mengembangkan bisnisnya. Kami Gotoko percaya bahwa teknologi yang kami hadirkan akan dapat membantu pemilik warung menciptakan efisiensi bisnis,” ucapnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖٓ اِلَّآ اَسْمَاۤءً سَمَّيْتُمُوْهَآ اَنْتُمْ وَاٰبَاۤؤُكُمْ مَّآ اَنْزَلَ اللّٰهُ بِهَا مِنْ سُلْطٰنٍۗ اِنِ الْحُكْمُ اِلَّا لِلّٰهِ ۗاَمَرَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Apa yang kamu sembah selain Dia, hanyalah nama-nama yang kamu buat-buat baik oleh kamu sendiri maupun oleh nenek moyangmu. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang hal (nama-nama) itu. Keputusan itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

(QS. Yusuf ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement