Jumat 25 Nov 2022 22:15 WIB

Penyaluran KUR Pertanian Lampaui Target 2022

Penyaluran KUR pertanian mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir.

Red: Satria K Yudha
Petani saat musim panen (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Petani saat musim panen (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian per 23 November 2022 mencapai Rp 103 triliun. Jumlah tersebut telah melampaui target yang ditetapkan pada 2022 senilai Rp 90 triliun.

"Per 23 November ini realisasi penyaluran KUR Pertanian sudah Rp 103 triliun," kata Subkoordinator Kredit Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementerian Pertanian Taufik Faturohman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (25/11/2022). 

Kendati telah melampaui yang ditargetkan, Taufik menjelaskan pemerintah tidak akan membatasi penyaluran KUR kepada petani dan masih menyalurkan pendanaan tersebut hingga akhir tahun. Taufik menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Ali Jamil Harahap, dan Direktur Pembiayaan Pertanian Kementan Indah Megahwati yang terus menggaungkan dan mengarahkan penggunaan KUR.

"Terima kasih juga kepada perbankan penyalur KUR yang sudah membantu penyaluran KUR sektor pertanian," kata Taufik.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menargetkan penyaluran KUR pada 2022 di angka Rp 90 triliun. Taufik menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir terlihat peningkatan penyaluran KUR di sektor pertanian.

Pada 2020, realisasi penyaluran KUR Pertanian mencapai Rp 50 triliun. Sementara pada 2021 mencapai Rp 85,6 triliun dari target Rp 70 triliun. Angka penyaluran KUR pertanian tersebut semakin meningkat pada 2022 dengan mencapai Rp 103 triliun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement