Sabtu 26 Nov 2022 01:13 WIB

Prabowo Ungkap Tiga Tantangan yang Saat Ini Dihadapi Dunia

Prabowo memandang politik bebas aktif yang dianut Indonesia sudah tepat.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, mengungkapkan tiga tantangan yang saat ini tengah dihadapi oleh dunia. Ketiga tantangan tersebut, yakni kebangkitan China, keamanan energi dan pangan, serta perubahan iklim.

“Tantangan global yang saat ini dihadapi adalah the rise of China, food, energy and water security, dan climate change,” kata Prabowo saat menjadi keynote speaker di salah satu sesi IdeaTalks dalam acara IdeaFest 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga

Dalam agenda tersebut, Prabowo mengampu diskusi bertema ‘Leadership in a Polarized World’ yang dipandu oleh Founder Asumsi, Pangeran Siahaan. Prabowo menyebutkan, sebagian masalah tersebut merupakan masalah yang nantinya akan dihadapi oleh generasi penerus bangsa.

Kendati demikian, Prabowo memandang politik bebas aktif yang dianut Indonesia merupakan salah satu ‘panduan’ bagi anak muda untuk menghadapi tantangan ini. Di mana, tradisi bangsa ini adalah seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak.

“Jangan mau dibawa ke sini, jangan mau dibawa ke sana. Hormati semua. Semuanya harus mengejar apa yang diminta rakyat. Rakyat butuh kemakmuran,” kata dia. Untuk menggapai kemakmuran, lanjut Prabowo, diperlukan upaya untuk mencapai perdamaian.

Prabowo pun mengapresiasi terselenggaranya IdeaFest 2022. Ia menyebut ruang diskusi seperti yang ini merupakan langkah baik untuk bertukar gagasan antar anak muda yang peduli dengan bangsa.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement