Ahad 27 Nov 2022 13:58 WIB

JK: PMI Lipatgandakan Pasokan Air Bersih Pengungsi Gempa Cianjur

PMI akan segera membangun instalasi penjernihan air darurat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) saat meninjau lokasi gempa Cianjur (ilustrasi)
Foto: Tim Media JK
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) saat meninjau lokasi gempa Cianjur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - -Ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla (JK) meminta jajaran PMI melipatgandakan pasokan air bersih bagi para pengungsi gempa Cianjur. PMI pun akan menambah jumlah armada truk tangki menjadi 30 unit, dan unit khusus PMI bernama Tim Wash (water, sanitation and higiene) akan segera membangun instalasi penjernihan air darurat terutama untuk daerah yang tidak mudah diakses truk tangki.

"Diharapkan dengan ditambahnya armada truk tangki dan pembangunan instalasi penjernihan air, pengungsi dapat terlayani lebih banyak lagi," ujar JK dikutip dalam siaran pers, Ahad (27/11/2022).

Baca Juga

JK mengatakan Penyediaan air bersih merupakan salah satu prioritas PMI pada setiap kejadian bencana. Ini karena pasca bencana air bersih menjadi menjadi sesuatu yang langka  karena rusaknya pipa infratruktur air bersih maupun sumber air bersih itu sendiri.

Semenjak hari pertama gempa melanda Cianjur pada 21 November 2022 tim Wash PMI juga telah turun untuk melakukan distribusi air bersih. PMI mengerahkan setidaknya mengerahkan 11 unit truk tangki masing-masing berkapasitas 500 liter untuk menjangkau 16 titik pengungsian.

PMI juga mendistribusikan toren penampungan air ke titik pengungsian tersebut. Hingga hari ke tujuh gempa Cianjur, PMI telah mendistribusikan 135 ribu liter air kepada 6.000 pengungsi.

"Mengingat air bersih menjadi sangat vital apalagi di tempat-tempat pengungsian terdapat banyak anak bayi yang sangat membutuhkan adanya air bersih," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement