Ahad 27 Nov 2022 15:45 WIB

Revitalisasi Studio Rekaman Bersejarah Lokananta Bakal Rampung Tahun Depan

Pengembangan Lokananta merupakan arahan langsung dari Menteri BUMN Erick Thohir

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Pengunjung melihat benda koleksi yang dipamerkan di Museum Lokananta, Solo, Jawa Tengah, (ilustrasi).
Foto: Antara
Pengunjung melihat benda koleksi yang dipamerkan di Museum Lokananta, Solo, Jawa Tengah, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) menggelar ajang musik bertajuk Lokananta Reload, pada Ahad (27/11/2022). Acara yang digelar di halaman studio rekaman pertama di Indonesia tersebut menghadirkan sejumlah musisi lokal hingga band papan atas seperti Padi Reborns dan Efek Rumah Kaca.

Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi mengatakan Lokananta Reload merupakan acara pra reaktivasi untuk memperkenalkan kembali keberadaan Lokananta kepada masyarakat melalui berbagai pertunjukan musik, galeri UMKM, hingga sarasehan yang menghadirkan Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, hingga musisi senior seperti Waldjinah dan Candra Darusman.

Baca Juga

Yadi menyebut pengembangan Lokananta merupakan arahan langsung dari Menteri BUMN Erick Thohir yang juga didukung Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming. Bahkan, ucap Yadi, Gibran memasukkan revitalisasi dan pengembangan Lokananta sebagai salah satu dari program prioritas Pemerintah Kota Surakarta.

"Setelah pra reaktivasi Lokananta Reload, pada akhir Desember 2022 akan diselenggarakan soft launching dan grand launching Lokananta direncanakan akan digelar pada awal kuartal II 2023," ujar Yadi saat konferensi pers Lokananta Reload di Lokananta Records, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Ahad (27/11/2022).

Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono mengatakan revitalisasi dan pengembangan Lokananta selaras dengan semangat transformasi yang sudah dijalankan dalam tiga tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir. Holding BUMN Danareksa, lanjut Ari, berkomitmen mendukung transformasi Lokananta untuk kemajuan industri kreatif yang salah satunya adalah industri musik nasional melalui revitalisasi dan pengembangan Lokananta.

"PPA sebagai pilar restrukturisasi di holding BUMN Danareksa telah melakukan tahapan persiapan untuk memastikan revitalisasi dan pengembangan Lokananta dapat berjalan baik dan tetap mengedepankan tata kelola yang baik," ucap Ari.

Ari berharap Lokananta akan menjadi salah satu destinasi wisata seni yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Surakarta, khususnya musisi dan UMKM lokal, serta masyarakat sekitar.

Direktur Utama M Bloc Group Handoko Hendroyono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PPA dan Holding BUMN Danareksa kepada M Bloc untuk mengoperasikan Lokananta. Handoko menyampaikan Lokananta akan disiapkan menjadi creative and commercial hub

yang mempertemukan ekosistem musik, UMKM lokal, dan masyarakat melalui berbagai kegiatan, pertunjukan, wisata seni, dan kuliner.

"M Bloc sebagai operator akan menyelenggarakan berbagai ajang seperti pertunjukan musik, talkshow, podcast, dan berbagai kegiatan lainnya di Lokananta," kata Handoko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement