Senin 28 Nov 2022 11:04 WIB

Polisi Selidiki Kebakaran Puluhan Kios di Pasar Cinde Palembang

Total 60 kios di Pasar Cinde Palembang hangus dilalap si jago merah

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi). Total 60 kios di Pasar Cinde Palembang hangus dilalap si jago merah.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi). Total 60 kios di Pasar Cinde Palembang hangus dilalap si jago merah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Aparat kepolisian menyelidiki peristiwa kebakaran yang menghanguskan puluhan kios pedagang di Pasar Cinde Jalan Jendral Sudirman, Kota Palembang, Sumatra Selatan. Kapolsek Ilir Barat 1 Palembang Kompol Rian Suhendi, di Palembang, Senin (28/11/2022), mengatakan kebakaran besar di Pasar Cinde ini dikonfirmasi terjadi pada Ahad (27/11/2022) malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Berdasarkan keterangan saksi yang didapatkan kepolisian, kebakaran ini diawali suara ledakan dari kios di bagian tengah pasar, kemudian disusul keluarnya kepulan asap hitam. Kencangnya embusan angin malam tadi membuat api dengan cepat merambat membakar puluhan kios pedagang sembako buah dan sayuran itu.

Baca Juga

Kios pedagang yang sebagian besar bermaterial kayu dan beratap rangka baja ringan itu terbakar hingga nyaris roboh. "Total 60 kios lapak penjual buah-sayuran yang berjejer sepanjang hampir 30 meter ini semuanya hangus terbakar," kata dia.

Api kebakaran baru dapat dipadamkan beberapa waktu berselang atau sekitar pukul 23.40 WIB. Api dapat dipadamkan setelah mengerahkan sebanyak delapan armada mobil pemadam kebakaran beserta puluhan personel dari Dinas Pemadam Kebakaran kota setempat.

Rian menyebut dari hasil olah tempat kejadian perkara ditambah keterangan saksi, untuk sementara kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik. "Korsleting dari kabel yang terletak di kios bagian tengah pasar," ujarnya.

Polsek Ilir Barat 1 dan Polrestabes Palembang masih melakukan pengembangan atas kebakaran pasar yang bersebelahan dengan Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Palembang dan Stasiun Kereta Layang Ringan (LRT) ini. Meski demikian kepolisian memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran dan aktivitas masyarakat di sekitar lokasi kejadian lancar kondusif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement