Senin 28 Nov 2022 12:31 WIB

Tim SAR Babel Kerahkan Puluhan Kapal Cari Helikopter Polri Jatuh

Satu dari empat anggota Polri yang berada di helikopter itu sudah ditemukan.

Red: Teguh Firmansyah
Pesawat helikopter jatuh (ilustrasi)
Foto: AP/Ariel Schalit
Pesawat helikopter jatuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung mengerahkan puluhan kapal mencari korban dan bangkai Helikopter tipe NBO-105 milik Polri yang jatuh di Perairan Belitung Timur pada Minggu (27/11/2022).

"Hari ini sudah puluhan kapal milik Polairud, Basarnas, nelayan dan instansi terkait lainnya dikerahkan mencari Helikopter tipe NBO-105," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Babel Kombes Maladi di Pangkalpinang, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan saat ini satu dari empat anggota Polri korban Helikopter tipe NBO-105 milik Polri sudah ditemukan di Pantai Burung Mandi Kabupaten Belitung Timur, sementara tiga korban lainnya masih tahap pencarian tim gabungan.

"Sudah puluhan kapal yang sudah dikerahkan untuk mengoptimalkan dan mempercepat pencarian korban helikopter yang naas ini," ujarnya.

Menurut dia saat ini kondisi perairan di Belitung Timur cukup bersahabat, sehingga tim gabungan memanfaatkan kondisi cuaca ini dengan memperluas pencarian korban dan bangkai helikopter naas ini. "Kami seoptimal mungkin agar para korban ini dapat ditemukan," ucap dia.

Ia mengimbau nakhoda kapal dan nelayan yang melintas di titik diduga lokasi jatuhnya helikopter ini ikut mengawasi dan melapor jika menemukan korban atau puing-puing helikopter ini ke posko-posko keamanan terdekat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seorang nelayan Belitung Timur yang melaporkan penemuan puing helikopter ini ke kepolisian Manggar Belitung Timur dan ini sangat membantu Tim SAR dalam mengoptimalkan pencarian korban dan bangkai helikopter naas ini," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement