Senin 28 Nov 2022 16:30 WIB

Moeldoko: Penunjukan Calon Panglima TNI Perlu Kalkulasi

Penunjukan matra TNI secara berurutan tidak wajib dilakukan di dalam Undang-Undang.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko
Foto: Antara
Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, ketiga kepala staf yang disebut-sebut menjadi kandidat pengganti Jenderal Andika Perkasa sama-sama memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk menjabat sebagai Panglima TNI. Hanya perlu mempertimbangkan berbagai kalkulasi untuk menentukannya.

Moeldoko juga menyebut, penunjukan calon panglima TNI itupun ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Tapi dari sisi Presiden, kan Presiden mengkalkulasi mana yang pas, tapi beliaulah pasti (menentukan) yang terbaik. Tiga-tiganya baik. Oke. Punya hak. Dalam arti secara konstitusi ya. Semua punya kesempatan untuk jadi Panglima. Tinggal itu aja pilihan-pilihan itu ada di Presiden,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga

Moeldoko menjelaskan, penentuan calon Panglima TNI merupakan pekerjaan yang berulang. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai banyak faktor dan juga pertimbangan dari Presiden.

Selain itu, penunjukan matra TNI secara berurutan tidak wajib dilakukan di dalam Undang-Undang. “Di UU itu adalah tidak wajib, tidak harus, bisa secara bergantian,” ujar dia.

Namun, lanjutnya, perlu juga mempertimbangkan aspek psikologis. Ia mengatakan, aspek psikologis tersebut perlu tetap terjaga.

“Itu harus dipertimbangkan. Harus menjaga ya. Menjaga matra dll. Bagian-bagian yang harus dievaluasi. Tapi tidak wajib, tidak harus. Dilihat dari apa itu, urgensi kepentingan yang lebih dst. Ora eneng sing istimewa lah,” kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ اَنِّيْ لَآ اُضِيْعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنْكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى ۚ بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍ ۚ فَالَّذِيْنَ هَاجَرُوْا وَاُخْرِجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ وَاُوْذُوْا فِيْ سَبِيْلِيْ وَقٰتَلُوْا وَقُتِلُوْا لَاُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَلَاُدْخِلَنَّهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ ثَوَابًا مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الثَّوَابِ
Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik.”

(QS. Ali 'Imran ayat 195)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement