Senin 28 Nov 2022 16:36 WIB

Dinkes DKI Programkan Pembenahan Kampung pada 2023

Pembenahan kampung dikolaborasikan dengan OPD lainnya untuk mewujudkan sanitasi.

Red: Ratna Puspita
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.
Foto: Dok BNPB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memprogramkan pembenahan kampung pada 2023 yang dikolaborasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk mewujudkan sanitasi lingkungan yang bersih. Pembenahan kampung 2023 menjadi salah satu topik pembahasan selain perkembangan kasus Covid-19 pada rapat pimpinan yang dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta.

"Kami mempunyai suatu program yang harus menangani pembenahan kampung tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga

Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama OPD terkait akan membahas kembali lebih rinci terkait lokasi kampung yang dibenahi itu termasuk program dari sisi kesehatan. Kajian melibatkan OPD lain juga akan dilakukan untuk melaksanakan program pembenahan kampung tersebut. 

"Dinkes DKI ikut juga melakukan pembenahan dari sisi kesehatan," kata Widyastuti.

Beberapa waktu lalu permasalahan kesehatan lingkungan sempat menjadi sorotan DPRD DKI. Salah satunya terkait sejumlah warga yang masih melakukan buang air besar (BAB) sembarangan.

Pada rapat paripurna yang mengagendakan penyampaian pandangan fraksi di DPRD DKI terkait Rancangan Perda APBD 2023, Rabu (9/11/2022), anggota DPRD DKI, Thopaz Nugraha Syamsul menyebutkan, ada 770 ribu warga DKI melakukan BAB sembarangan. "Menurut data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI pada tahun 2021, menyebutkan bahwa masih ada 770 ribu warga Jakarta yang buang air besar sembarangan atau 'open defecation'," katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta perlu penguatan anggaran pada Perumda Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya yang dialokasikan dalam penyediaan tangki septik komunal. Penyediaan tangki itu diarahkan untuk kawasan pemukiman padat penduduk dan kumuh. Namun, pihaknya tidak memberikan rincian wilayah yang disebut masih terdapat aksi BAB sembarangan.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta merevitalisasi 11 fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) komunal di lima wilayah di Ibu Kota dalam rangka mendukung terwujudnya sanitasi masyarakat yang layak dan aman.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا تَجِدُ قَوْمًا يُّؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ يُوَاۤدُّوْنَ مَنْ حَاۤدَّ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَلَوْ كَانُوْٓا اٰبَاۤءَهُمْ اَوْ اَبْنَاۤءَهُمْ اَوْ اِخْوَانَهُمْ اَوْ عَشِيْرَتَهُمْۗ اُولٰۤىِٕكَ كَتَبَ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْاِيْمَانَ وَاَيَّدَهُمْ بِرُوْحٍ مِّنْهُ ۗوَيُدْخِلُهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُۗ اُولٰۤىِٕكَ حِزْبُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ حِزْبَ اللّٰهِ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ࣖ
Engkau (Muhammad) tidak akan mendapatkan suatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapaknya, anaknya, saudaranya atau keluarganya. Mereka itulah orang-orang yang dalam hatinya telah ditanamkan Allah keimanan dan Allah telah menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang dari Dia. Lalu dimasukkan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Merekalah golongan Allah. Ingatlah, sesungguhnya golongan Allah itulah yang beruntung.

(QS. Al-Mujadalah ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement