Selasa 29 Nov 2022 05:31 WIB

Gibran Bocorkan Lokasi Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina

Gibran mengatakan prosesi adat pernikahan Kaesang akan dilakukan di rumah Jokowi

Rep: C02/ Red: Christiyaningsih
Putra terakhir Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono. Gibran mengatakan prosesi adat pernikahan Kaesang akan dilakukan di rumah Jokowi. Ilustrasi.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Putra terakhir Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono. Gibran mengatakan prosesi adat pernikahan Kaesang akan dilakukan di rumah Jokowi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, membocorkan prosesi adat pernikahan adiknya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono akan dilakukan di rumah Jokowi di Sumber. Hal tersebut disampaikan Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Senin (28/11/2022).

Gibran menjelaskan prosesi adat pernikahan adiknya tersebut akan dilakukan di rumah. "Iya (prosesi adat) siraman dan lain-lain midodareni di rumah," katanya.

Baca Juga

Selain itu, pihaknya mengatakan bahwa Loji hanya akan digunakan garis start kirab sebagai salah satu sesi di prosesi ngundhuh mantu. "Ngundhuh mantu-nya bukan di Loji, di Loji untuk start aja. Kuwi wis tak bocorke to, wingi kan yo wis gladi to (Itu sudah saya bocorkan, kemarin juga sudah gladi)," jelasnya.

Selain itu, Gibran mengatakan dirinya tidak terlibat secara langsung dalam mengurus pernikahan tersebut. Namun, ia menyebut ada dukungan dari Pemkot Solo di acara tersebut.

"Aku ra ngurusi kawinan (saya tidak mengurus perkawinan), (dukungan Pemkot Solo) doa dan pengamanan, lahan parkir," terangnya.

Terkait acara pernikahan Gibran mengatakan bahwa tidak ada pengondisian masyarakat meski bertepatan dengan kegiatan Car Free Day (CFD). "Nggak ada penutupan jalan, CFD seperti biasa para pedagang tetap bisa berjualan seperti biasa, penak to (enak kan). Nggak ada pengkondisian. Nek rame malah apik ben dagangane ben kepayon kabeh (kalau rame malah bagus biar pedagang dilarisi jualannya). Kita kan nggak mengondisikan warga hanya karena pernikahan kan, kita nggak mengondisikan itu," terangnya.

Sebelumnya, dalam sesi gladi pernikahan Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa prosesi ngundhuh mantu akan berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. "Jadi alhamdulillah hari ini (gladi bersih) tadi kan ngundhuh mantu-nya di Loji Gandrung, semua acaranya di sana baru naik kereta ke sini (Pura Mangkunegaran)," kata Erick usai gladi, Ahad (27/11/2022).

Setelah itu, Erick menjelaskan rombongan pengantin akan diarak menggunakan kereta setidaknya sejauh tiga kilometer yakni dari Loji Gandrung hingga ke Pura Mangkunegaran. "Iya (kirab) rencana sembilan sampai 10 kereta ya, di mana nanti pengantin menyapa, lalu masyarakat ya beraktivitas normal. Tapi kan di situ juga kami siapkan bagaimana ada pesta rakyat ada sembilan titik dan delapan titik kegiatan," pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement