Selasa 29 Nov 2022 03:51 WIB

Bung Hatta Jadikan Koperasi untuk Pendidikan Antikorupsi

Salah satu jasa Bung Hatta yang dirasakan masyarakat hingga sekarang adalah koperasi

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Bung Hatta mendirikan koperasi tidak hanya sebagai lembaga ekonomi. Tapi juga sebagai sarana pendidikan antikorupsi. (ilustrasi).
Foto: [ist]
Bung Hatta mendirikan koperasi tidak hanya sebagai lembaga ekonomi. Tapi juga sebagai sarana pendidikan antikorupsi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi, mengatakan ada banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari sosok proklamator asal Sumbar, Mohammad Hatta. Salah satu jasa besar Bung Hatta yang dirasakan masyarakat hingga sekarang adalah koperasi.

Menurut Mahyeldi, Bung Hatta mendirikan koperasi tidak hanya sebagai lembaga ekonomi. Tapi juga sebagai sarana pendidikan antikorupsi.

Baca Juga

"Bagi saya, pemikiran Bung Hatta yang menjadikan koperasi tidak hanya sebagai lembaga ekonomi, namun juga sebagai pendidikan yang salah satunya pendidikan antikorupsi bagi anggota koperasi," kata Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan hal tersebut saat menjadi pemateri dalam Seminar Nasional Bung Hatta yang mengusung tema Bedah Pemikiran Bung Hatta Tentang Perkoperasian di Padang, Senin (28/11/2022).

Ia menambahkan sejak kecil Bung Hatta merupakan sosok yang memiliki pola hidup hemat. Bung Hatta pun pernah bercerita kepada siswa INS Kayu Tanam untuk mengajarkan pola hidup hemat, Bung Hatta mengambil contoh sabun mandi. Sisa-sisa sabun mandi sebesar kuku tidak boleh dibuang. Tetapi digabungkan dengan sabun yang baru hingga tidak ada yang tersisa sia-sia.

Sementara itu, Deputi  Bidang Perkoperasian KemenkopUKM, Ahmad Zabadi, mengatakan  salah satu pesan Bung Hatta yang mengatakan Indonesia tidak akan besar karena obor di Jakarta tetapi Indonesia akan bercahaya oleh lilin-lilin di desa.

"Koperasi diibaratkan sebagai soko guru perekonomian Indonesia, hal tersebut berarti  anggota koperasi sepakat berhimpun dan mengembangkan usaha bersama dimulai dari desa, daerah-daerah yang jauh dari pusat ekonomi," ujar Zabadi.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاتَّبَعُوْا مَا تَتْلُوا الشَّيٰطِيْنُ عَلٰى مُلْكِ سُلَيْمٰنَ ۚ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمٰنُ وَلٰكِنَّ الشَّيٰطِيْنَ كَفَرُوْا يُعَلِّمُوْنَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَآ اُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوْتَ وَمَارُوْتَ ۗ وَمَا يُعَلِّمٰنِ مِنْ اَحَدٍ حَتّٰى يَقُوْلَآ اِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۗ فَيَتَعَلَّمُوْنَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُوْنَ بِهٖ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهٖ ۗ وَمَا هُمْ بِضَاۤرِّيْنَ بِهٖ مِنْ اَحَدٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗ وَيَتَعَلَّمُوْنَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ ۗ وَلَقَدْ عَلِمُوْا لَمَنِ اشْتَرٰىهُ مَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ ۗ وَلَبِئْسَ مَاشَرَوْا بِهٖٓ اَنْفُسَهُمْ ۗ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ
Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman. Sulaiman itu tidak kafir tetapi setan-setan itulah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babilonia yaitu Harut dan Marut. Padahal keduanya tidak mengajarkan sesuatu kepada seseorang sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanyalah cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kafir.” Maka mereka mempelajari dari keduanya (malaikat itu) apa yang (dapat) memisahkan antara seorang (suami) dengan istrinya. Mereka tidak akan dapat mencelakakan seseorang dengan sihirnya kecuali dengan izin Allah. Mereka mempelajari sesuatu yang mencelakakan, dan tidak memberi manfaat kepada mereka. Dan sungguh, mereka sudah tahu, barangsiapa membeli (menggunakan sihir) itu, niscaya tidak akan mendapat keuntungan di akhirat. Dan sungguh, sangatlah buruk perbuatan mereka yang menjual dirinya dengan sihir, sekiranya mereka tahu.

(QS. Al-Baqarah ayat 102)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement