Selasa 29 Nov 2022 21:26 WIB

Upaya Mengurangi Sampah Plastik dengan Pendekatan Agama

Perlu sudut pandang keagamaan soal plastik sekali pakai.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil
 Upaya Mengurangi Sampah Plastik dengan Pendekatan Agama. Foto:  Dua orang relawan mengumpulkan sampah plastik
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Upaya Mengurangi Sampah Plastik dengan Pendekatan Agama. Foto: Dua orang relawan mengumpulkan sampah plastik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Persoalan sampah plastik masih menjadi persoalan di Indonesia. Untuk itu, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) gencar melakukan upaya perubahan perilaku agar penggunaan kantong plastik sekali pakai dapat terus berkurang. Bekerja sama dengan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, upaya perubahan perilaku pada program Pasar Bebas Plastik dilakukan melalui pendekatan agama.

"Melalui kerja sama ini, kami berupaya untuk mengangkat pesan terkait kampanye bebas plastik dalam setiap kegiatan dengan nilai-nilai ke-Islaman yang tidak kami lakukan pada program sebelumnya di tahun 2019," ujar Koordinator Nasional GIDKP, Rahyang Nusantara, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga

Pada 2019 hingga 2021 lalu, GIDKP bersama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah melakukan uji coba program Pasar Bebas Plastik di Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan. Ketika itu, mereka berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik berukuran kecil dan besar sebesar enam persen dan 11 persen.

Dalam program kali ini, tidak hanya pedagang dan konsumen yang dilibatkan, tetapi juga masyarakat sekitar. Berangkat dari pemikiran ilmuwan asal Columbia University, Gus Speth, yang mengatakan, masalah lingkungan utamanya disebabkan oleh keegoisan, keserakahan, dan sikap apatis. Untuk menghadapinya, dibutuhkan transformasi budaya dan spiritual.

Karena itu, GIDKP berkolaborasi dengan LLHPB PP 'Aisyiyah dengan tujuan untuk mendorong perubahan perilaku pada program Pasar Bebas Plastik melalui pendekatan agama. Program perubahan perilaku pada program Pasar Bebas Plastik kali ini dilakukan melalui pendekatan agama Islam dengan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat sekitar Pasar Tebet Barat.

"Kalau masalah kerusakan iklim ini saja tidak bisa diselesaikan dengan pendekatan sains, saya rasa ini saatnya kita berperan untuk menjaga bumi dari kerusakan iklim dengan pendekatan spiritualitas atau dengan pendekatan agama," tutur Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PP 'Aisyiyah, Hening Parlan.

Dia menerangkan, di dalam Islam sudah diajarkan, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Menurut dia, ketika penggunaan plastik sekali pakai yang berujung 'nyampah' itu bisa mengotori bumi, maka seorang yang menggunakannya bisa dikatakan termasuk ke dalam kaum yang tidak beriman.

“Konsumen dan pedagang yang ada di Pasar Tebet Barat ini juga aktif dalam kajian yang diadakan di masjid yang ada di dekat Pasar Tebet Barat itu sendiri. Jadi saya rasa ini merupakan kolaborasi yang benar-benar tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya plastik sekali pakai dalam sudut pandang keagamaan," kata Hening.

Selama hampir 10 bulan berlangsung, program tersebut sudah melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan pedagang, konsumen, dan masyarakat di sekitar Pasar Tebet Barat. Beberapa kegiatan baru yang dilakukan adalah pengadaan dropbox peminjaman kantong belanja untuk konsumen dan aktivitas bersama DKM Pasar Tebet Barat, seperti tafsir Al Qur'an, pembagian risalah Jumat, khutbah Jumat, dan lain sebagainya.

Adapun pencapaian yang sudah terjadi sebagai dampak kegiatan-kegiatan di atas adalah semakin menurunnya jumlah kios yang tidak menyediakan kantong plastik. Di mana pada uji coba pertama turun sebesar 57 persen dan tahun ini terdapat tambahan penurunan jumlah kios sekitar hingga 17 persen yang juga berdampak pada penurunan jumlah kantong plastik.

Selain itu, pedagang menunjukkan sikap dan motivasi yang tergolong tinggi dalam mengurangi plastik sekali pakai. Hal itu terjadi pada seluruh aspek, mulai dari alasan perbaikan lingkungan, petunjuk dari ustaz atau guru agama, serta yang berasal dari ajaran agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement