Kamis 01 Dec 2022 06:25 WIB

Cuaca Hari Ini: Semua Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Kamis-Jumat

Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan longsor.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pengendara melintasi jalanan basah usai hujan reda di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (26/4/2021). Cuaca Hari Ini: Semua Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Kamis-Jumat
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Sejumlah pengendara melintasi jalanan basah usai hujan reda di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (26/4/2021). Cuaca Hari Ini: Semua Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Kamis-Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang pada Kamis-Jumat (1-2/12/2022). Semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi guna meminimalisir dampaknya ke masyarakat. Adapun 10 kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa itu, antara lain Kota Balikpapan pada Kamis sekitar pukul 14.00, 17.00, dan 23.00 Wita, hujan petir terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Kota Bontang pada Kamis sekitar pukul 20.00, 23.00 Wita hingga Jumat dini hari, hujan petir berpotensi terjadi pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara. Di Kota Samarinda pada Kamis sekitar pukul 14.00 hujan ringan dan hujan sedang terjadi di semua kecamatan, kemudian pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 wita, hujan petir di Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Samarinda Seberang dan Kecamatan Palaran.

Berikutnya adalah Kabupaten Kutai Timur pada Kamis sekitar pukul 11.00 wita, hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang, Kaubun, pada pukul 14.00 dan 17.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, dan Busang.

Pada pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, Bengalon, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Telen, Teluk Pandan, pada Jumat dini hari di Kecamatan Teluk Pandan.

"Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, pada Kamis sekitar pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 Wita, hujan ringan hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Laham, dan Long Hubung," kata Ilham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement