Kamis 01 Dec 2022 04:49 WIB

Apa Itu Algoritma dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Algoritma bisanya dijalankan dengan bahasa pemrograman.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
Foto: network /Ilham Tirta
.

Cara kerja algoritma.
Cara kerja algoritma.

RUANG TEKNO -- Algoritma adalah prosedur yang digunakan untuk memecahkan masalah atau sebuah perhitungan. Algoritma bertindak sebagai daftar instruksi yang tepat untuk melakukan tindakan tertentu, langkah demi langkah, baik dalam rutinitas berbasis perangkat keras maupun perangkat lunak.

Umumnya, ketika mendengar kata algoritma, kita langsung mengarah pada komputer. Komputer tidak bisa menyelesaikan masalah begitu saja tanpa diajarkan oleh manusia melalui urutan langkah-langkah (algoritma) penyelesaian yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Selain digunakan untuk pemecahan masalah menggunakan komputer, algoritma juga dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang membutuhkan sederet proses atau langkah-langkah prosedural.

Saat ini, algoritma banyak digunakan di bidang teknologi informatika (TI). Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma biasanya mengacu pada prosedur kecil yang memecahkan masalah berulang.

Algoritma dapat digunakan untuk menyortir kumpulan angka atau untuk tugas yang lebih rumit, seperti merekomendasikan konten pengguna di media sosial. Algoritma biasanya dimulai dengan input awal dan instruksi yang menjelaskan komputasi tertentu. Ketika perhitungan dijalankan, proses menghasilkan output.

Bagaimana algoritma bekerja?

Algoritma dapat dijalankan dengan bahasa manual, bahasa pemrograman, pseudocode, diagram alur, dan tabel kontrol. Ekspresi bahasa alami jarang terjadi karena lebih ambigu. Bahasa pemrograman biasanya digunakan untuk mengekspresikan algoritma yang dijalankan oleh komputer.

Algoritma menggunakan input awal bersama dengan serangkaian instruksi. Input adalah data awal yang diperlukan untuk mengambil keputusan dan dapat direpresentasikan dalam bentuk angka atau kata. Data input dimasukkan melalui serangkaian instruksi atau perhitungan, yang dapat mencakup proses aritmatika dan pengambilan keputusan. Outputnya adalah langkah terakhir dalam suatu algoritma dan biasanya dinyatakan dalam banyak data.

Misalnya, algoritma penelusuran menggunakan kueri penelusuran sebagai input dan menjalankannya melalui serangkaian instruksi untuk menelusuri database untuk item yang relevan dengan kueri. Contoh lain penggunaan algoritma adalah perangkat otomasi, yaitu proses operasi dari suatu alat secara otomatis. Otomasi mengikuti seperangkat aturan untuk menyelesaikan tugasnya.

Sumber:

- Techtarget (https://www.techtarget.com/whatis/definition/algorithm).

- UNIDA (https://www.unida.ac.id/teknologi/)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement