Pemkab Purbalingga Upayakan Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Purbalingga Upayakan Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi (ilustrasi).
Pemkab Purbalingga Upayakan Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi (ilustrasi). | Foto: Antara/Ahmad Subaidi

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA - Pemkab Purbalingga melakukan evaluasi Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB) di Purbalingga. Evaluasi pada Kamis (1/12/22) ini dilakukan dengan mengundang stakeholder terkait baik dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, RSUD, RS Swasta para dokter anak dan dokter kandungan.

Bupati Purbalingga diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga, Herni Sulasti SH MH CFrA menekankan agar tahun ini kasus Kematian Ibu dan Bayi di Purbalingga bisa dikontrol/terkendali.

"Sampai dengan Oktober Kematian Ibu (AKI) kita sudah 10 (kasus), maksimal 12, tapi kita masih ada 1 bulan lagi semoga berhenti di angka 10," tegasnya.

Sedangkan Kematian Bayi di Kabupaten Purbalingga tahun 2022 sampai dengan Oktober ini sudah mencapai 108 (kasus). Sebanyak 69 kasus diantaranya adalah bayi neonatal. Pemkab Purbalingga menetapkan ambang batas tidak melebihi 137 kasus.

Baca Juga

Atas catatan jumlah kasus AKI/AKB tersebut, Bupati melalui Sekda meminta agar pertemuan ini segera disusun action plan penurunan AKI/AKB selanjutnya untuk ditindaklanjuti. Action plan tersebut nantinya dijadikan ada guidance yang jelas, bagi para kader kesehatan, bidan desa, Puskesmas, Rumah Sakit termasuk Pemerintah Desa juga perlu diikutsertakan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, dr Jusi Febrianto MPH mengungkapkan, 10 kasus Kematian Ibu di tahun 2022 ini, didominasi disebabkan oleh eklamsi (4 kasus), kemudian pendarahan (3 kasus) lalu penyakit lainnya.

"Waktu meninggal lebih banyak terjadi di rumah sakit pada rentang waktu lebih dari 48 jam (7 kasus). Kalau dilihat permasalahan sudah tidak di hulu lagi tapi di hilir," kata dr. Jusi.

Ia memastikan bahwa 9 dari 10 kematian ibu yang ada sebenarnya masih bisa dicegah. Di antaranya dengan menghindari keterlambatan, khususnya keterlambatan dalam hal merujuk, penanganan dan pengambilan keputusan. Selain itu, pasien juga menghindari hamil pada kondisi "4 Terlalu", yaitu terlalu tua, terlalu banyak, terlalu muda, dan terlalu dekat.

Terkait


Jepang Catatkan Rekor Kelahiran Terendah Sejak 1899

Tips Memberi Kado untuk Ibu yang Baru Melahirkan

WHO: Covid-19 Sebabkan 15 Juta Kematian

Populasi Jepang Terus Turun, Angka Kematian Lampaui Kelahiran

Cara Pemerintah Turunkan Angka Kematian, Mendeteksi Dini Pasien Covid dengan Komorbid

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark