Jumat 02 Dec 2022 00:54 WIB

Kementerian LHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Kementerian LHK raih peringkat satu karena dinilai konsisten dalam SDGs

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia's SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga. KLHK dipilih menjadi pemenang pertama oleh dewan juri karena konsisten dan berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/SDGs atau agenda 2030.
Foto: Dok Kemenhut RI
Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia's SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga. KLHK dipilih menjadi pemenang pertama oleh dewan juri karena konsisten dan berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/SDGs atau agenda 2030.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia's SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga. KLHK dipilih menjadi pemenang pertama oleh dewan juri karena konsisten dan berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/SDGs atau agenda 2030. 

Adapun beberapa Best Practice dan kegiatan inovatif yang dilakukan KLHK dalam mendukung pencapaian SDGs digambarkan melalui tiga kegiatan yang meliputi pertama Perhutanan Sosial untuk Pengentasan Kemiskinan (Goals 1: Tanpa kemiskinan, Goals 2: Tanpa kelaparan, Goals 5: Kesetaraan gender, Goals 8: Penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi, Goals 10: Pengurangan kesenjangan (gini ratio).

Kedua Program Kampung Iklim sebagai Aksi Para Pihak dalam Penanganan Perubahan Iklim (Goal 13: Penanganan Perubahan Iklim). Ketiga, Sistem Monitoring Hutan Nasional/SIMONTANA sebagai Instrumen Pencapaian Ekosistem Daratan Berkelanjutan (Goals 15: Ekosistem daratan berkelanjutan). Keseluruhan best practice dan inovasi-inovasi KLHK dilakukan juga dalam rangka mendorong aksi nyata ekonomi hijau untuk mencapai SDGs.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan Pelaksanaan TPB/SDGs di KLHK pada prinsipnya merupakan upaya pencapaian kinerja dari seluruh program yang ada, karena nilai yang diusung dalam pembangunan LHK ialah pembangunan berkelanjutan. Adapun kegiatan yang dilakukan di lingkup KLHK berperan dalam pencapaian pilar sosial, pilar ekonomi, pilar lingkungan dan pilar tata kelola SDGs di Indonesia. 

“Komitmen ini juga selaras dengan upaya pencapaian target NDC,” ujarnya, Kamis (1/12/2022).

Sementara itu Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono menambahkan jika selaras dengan RPJMN 2020 - 2024 dan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs), sumber daya alam hutan dan lingkungan Indonesia yang berkeunggulan komparatif dan kompetitif harus dikelola secara berkeadilan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan memperkecil kesenjangan ekonomi wilayah atau gini ratio. 

"Dalam mencapai tujuan bersama tersebut, kedaulatan negara dan peradaban sosial masyarakatnya harus terjamin seiring dengan pelaksanaan pembangunan ekonomi hijau yang menekankan produktivitas tinggi, efisiensi dan rendah emisi. Untuk itu, KLHK terus berupaya dalam suksesnya agenda 2030, TPB/SDGs dengan peran-peran yang tepat dan proporsional," ucapnya.

Anugerah Indonesia's SDGs Action Awards 2022 memiliki 11 kategori, yaitu, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pelaku usaha besar, pelaku usaha kecil dan menengah, organisasi masyarakat sipil, filantropi, organisasi orang muda, dan media.

Penyelenggaraan Indonesia SDGs Action Awards 2022 dalam rangka memberikan apresiasi bagi pemerintah dan aktor non pemerintah yang konsisten mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia. SDGs Annual Conference 2022 mengambil tema "Mendorong Aksi Nyata Ekonomi Hijau untuk Mencapai SDGs". 

SDGs Annual Conference 2022 juga menyuguhkan beberapa diskusi panel, pameran, dan penampilan seni. Ada pula SDG Festival bagi pelajar dan orang muda yang dikhususkan selebrasi orang muda yang aktif dalam upaya pelaksanaan SDGs.

KLHK berkomitmen kuat untuk memainstreaming SDGs. Sejak 2017 saat Perpres 59 tentang pelaksanaan TPB/SDGs, KLHK telah berinisiasi pembentukan pokja dan menyusun Roadmap kontribusi Program/kegiatan terhadap pencapaian SDGs nasional. Setiap tahun KLHK aktif mensosialisasikan, mengadakan atau mengikuti berbagai pertemuan terkait TPB/SDGs, serta menerbitkan beberapa media publikasi untuk mengajak para pihak ikut terlibat dalam agenda bersama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement