Jumat 02 Dec 2022 04:56 WIB

Survei Indikator: Ridwan Kamil Tertinggi Cawapres Kalahkan AHY

Selain Ridwan Kamil dan AHY, cawapres tertinggi diduduki Sandiaga dan Erick Thohir.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil.
Foto: Dok. Humas Jabar
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang menunjukkan Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil menempati posisi tertinggi pilihan publik sebagai tokoh yang dianggap pantas menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum2024. Ridwan Kamil selalu muncul dalam simulasi tiga nama calon presiden (capres), yaitu Ganjar Pranowo, Anies Rasyid Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pendukung Anies banyak memilih Ridwan Kamil, diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Sandiaga Uno sebagai cawapresnya. "Basis Mas Anies itu cenderung terbagi ketiga nama, ada pendukung Anies yang memilih Ridwan Kamil, ada yang memilih Pak AHY, ada yang memilih Pak Sandi," kata Burhanuddin dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Sedangkan pendukung Ganjar Pranowo juga lebih cenderung memilih Ridwan Kamil sebagai pendampingnya. Demikian pula pendukung Prabowo cenderung memilih eks wali kota Bandung tersebut. Dalam simulasi yang dilakukan Indikator, Ridwan Kamil mendapat elektabilitas 19,7 persen, disusul AHY 16,3 persen, Sandiaga 12,8 persen, Erick Thohir 9,6 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 5,3 persen.

Berikutnya, Andika Perkasa 3,3 persen, Puan Maharani 3,1 persen, Tri Rismaharini 2,7 persen, Susi Pudjiastuti 2,2 persen, Mahfud MD 2,0 persen, Airlangga Hartarto 1,6 persen, dan Gatot Nurmantyo 1,3 persen. Sementara dalam bursa capres, nama Ridwan Kamil juga menguat sebagai tokoh di bawah Ganjar, Anies, dan Prabowo.

Burhanuddin menjelaskan, survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang, margin of error sekitar plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan Ridwan Kamil pada posisi teratas sebagai cawapres dengan elektabilitas 22,5 persen. Elektabilitas Ridwan Kamil pada bursa cawapres mampu menyalip Sandiaga yang kini berada di posisi kedua dengan 18,3 persen. Sementara tempat ketiga ada AHY dengan tingkat elektabilitas sembilan persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement