Jumat 02 Dec 2022 21:08 WIB

BMKG Prakirakan Puncak Rob di Pesisir Utara Jateng Hingga 4 Desember

Puncak ketinggian rob diprakirakan bisa mencapai 1,1 meter.

Red: Nur Aini
Pekerja pelabuhan menerobos banjir rob di dalam Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, ilustrasi.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pekerja pelabuhan menerobos banjir rob di dalam Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak limpasan air laut yang masuk ke darat atau rob di sepanjang pesisir utara Jawa Tengah hingga 4 Desember 2022. "Fase tertinggi pasang pada 1 sampai 4 Desember," kata Kepala BMKG Stasiun Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih di Semarang, Jumat (2/12/2022).

Ia mengatakan puncak ketinggian rob diprakirakan bisa mencapai 1,1 meter. Meski demikian, lanjut dia, pada Kamis (1/12) hingga Jumat, puncak rob tercatat mencapai 1,9 meter.

Baca Juga

Kondisi tersebut mengakibatkan sejumlah kawasan di wilayah utara Kota Semarang dilanda rob, termasuk kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. "Kenapa yang hari ini tinggi, karena mungkin semalam disertai dengan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," katanya.

Wilayah yang terdampak pasang air laut tersebut, kata dia, merata terjadi di seluruh pesisir Jawa Tengah. Adapun waktu terjadinya pasang air laut dimulai pada pukul 17.00 WIB dan mencapai puncak pada pukul 03.00 hingga 06.00 WIB. "Pagi sampai siang nanti sudah mulai surut," ujarnya.

Puncak pasang air laut, menurut dia, diprakirakan akan kembali terjadi di akhir bulan pada 24 hingga 31 Desember 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement