Sabtu 03 Dec 2022 06:29 WIB

Balitbangkes: Covid-19 Varian XBB Menyebar di Papua

Dari 47 sampel yang diperiksa, sebanyak 32 positif XBB.

Red: Agus raharjo
Karakteristik subvarian XBB.
Foto: Republika
Karakteristik subvarian XBB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA--Kepala Balitbangkes Papua dr Anton Oktavian mengakui dari hasil pemeriksaan terhadap 47 sampel yang dikirim terungkap bila Covid-19 varian XBB sudah menyebar di Papua. "Memang benar dari hasil penelitian terungkap bila virus tersebut sudah merebak di Papua khususnya di Kota Jayapura dan Timika, sehingga diharapkan masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan," kata dr Anton di Jayapura, Jumat (2/12/2022).

Ia menjelaskan, 47 sampel yang diperiksa itu 37 berasal dari Kota Jayapura yang hasilnya 22 varian XBB sedangkan 10 sampel dari Timika terungkap tujuh sampel positif XBB. Penelitian itu masih akan dilakukan namun pihaknya selain masih menunggu reagent juga sampel dari berbagai daerah di Papua.

Baca Juga

Sementara itu Kadinkes Kota Jayapura dr Nyoman Antari berharap masyarakat kembali memperketat protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di luar rumah. "Saat ini masyarakat mulai kendor dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga kasus Covid-19 kembali meningkat yakni tercatat 52 kasus yang tersebar di empat dari lima distrik di Kota Jayapura," kata dr Nyoman.

Menurut dia, tiga distrik sudah masuk kategori merah akibat kasusnya di atas 11 kasus yaitu Distrik Jayapura Utara 13 kasus, Jayapura Selatan 14 kasus dan Distrik Abepura 18 kasus. Distrik Heram dengan enam kasus masuk kategori oranye dan Distrik Muara Tami masih dinyatakan hijau karena nol kasus Covid-19.

"Prokes harus kembali diterapkan terutama saat beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan," ujar Nyoman Antari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement