Sabtu 03 Dec 2022 08:03 WIB

Hujan Lebat Diperkirakan Guyur Sebagian Kota Besar di Indonesia Hari Ini

Khusus DKI, hujan intensitas sedang diprediksi turun di Jakarta Selatan dan Timur.

Red: Qommarria Rostanti
Hujan lebat diperkirakan guyur sebagian kota besar di Indonesia. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Hujan lebat diperkirakan guyur sebagian kota besar di Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir terjadi di beberapa kota dan sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia. Dalam peringatan dini cuaca dikutip dari Jakarta, Sabtu (3/12/2022), BMKG memprakirakan hujan lebat dapat turun di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Hujan lebat juga berpotensi turun di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan terjadi di DKI Jakarta. Kota-kota di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat yang berpotensi disertai petir pada hari ini adalah Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Palembang, dan Medan.

Khusus untuk DKI Jakarta, hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari. Hujan ringan dapat turun di Jakarta Barat pada siang dan malam hari, Jakarta Pusat pada malam hari, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari, serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG juga memperingatkan wilayah Sumatra Barat masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor. Kategori waspada pada hari ini diberikan kepada Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement