Sabtu , 03 Dec 2022, 14:48 WIB

Legenda Meksiko Yakin Spanyol Sengajah Kalah dari Jepang untuk Hindari Brasil

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Spanyol meninggalkan lapangan pada akhir pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Jepang dan Spanyol, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022. Jepang menang 2-1.
Foto AP Photo/Julio Cortez

Para pemain Spanyol meninggalkan lapangan pada akhir pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Jepang dan Spanyol, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022. Jepang menang 2-1.

Kekalahan Spanyol membuat Meksiko tersingkir.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Legenda Piala Dunia Meksiko Hugo Sanchez menyebut Spanyol sengaja kalah dari Jepang untuk menghindari Brasil di perempat final. Jepang maju ke babak 16 besar melawan Kroasia, pemenang laga ini akan berhadapan dengan pemenang antara Brasil melawan Korea Selatan di perempat final. 

Kekalahan Spanyol di laga terakhir grup membuat mereka maju ke 16 besar sebagai runner up Grup E dan akan melawan Maroko yang maju sebagai juara Grup F. Sementara di partai berbeda, Portugal akan melawan Swiss. Mantan penyerang Real Madrid yang bermain di tiga Piala Dunia untuk Meksiko ditanya oleh presenter ESPN terkait kemenangan krusial Jepang.

Baca Juga

"Anda menanyakan saya apakah Spanyol mengincar hasil ini untuk menghindari Brasil. Saya jamin. Saya tidak ada di sana dan saya tidak memikirkan Luis Enrique, tetapi dia telah memikirkan tentang cara terbaik untuk menghindari bermain melawan Brasil di perempat final. Ya ada risiko tapi itu risiko yang layak diambil. Bukannya mereka takut pada Brasil, tapi mereka menghormatinya," kata Sanchez dikutip dari Daily Mail, Sabtu (3/12/2022).

Sanchez menyadari pernyataannya akan memunculkan perdebatan. Ia pun langsung menambahkan bahwa pelatih pasti akan membantahnya. "Pelatih tidak akan pernah mengakuinya. Manajer tidak mengatakan: "Saya membiarkan mereka menang," kata Sanchez. Bagaimana pun, klaim tersebut tidak ditanggapi dengan serius di Spanyol terutama mengingat cara kontroversial tim tertinggal melawan Jepang dan upaya mereka untuk mengejar.

Sebelum pertandingan, Luis Enrique ditanyai tentang Spanyol yang kalah dari Jepang untuk mengamankan posisi kedua, tetapi dia mengatakan kemungkinan Kosta Rika yang akan menang. "Kami telah bertanya pada diri sendiri pertanyaan itu tetapi dari sudut pandang profesional Anda dapat membayangkannya menjadi 0-0 di kedua pertandingan pada menit ke-95 dan Jepang mencetak gol dan Kosta Rika mencetak gol dan kami tersingkir," kata Enrique. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
jepang vs spanyol jepang kalahkan spanyol piala dunia 2022
Berita Terpopuler
Berita Lainnya