Sabtu 03 Dec 2022 17:31 WIB

Nyaman dan Aman Menikmati Festival Musim Akhir Tahun

Festival musik yang saat ini sedang dinikmati oleh para concert goers adalah Head in the Clouds (HITC) Jakarta.

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
Foto: network /Vidita
.

Instagram/HITCJakarta
Instagram/HITCJakarta

Akhir tahun ini ternyata menjadi waktu yang penuh kemeriahan. Mulai dari, berbagai perayaan, rencana perjalanan, atau keseruan bergabung dengan acara-acara kekinian.

Yang kembali menjadi tren di Indonesia adalah aktivitas untuk menikmati konser atau festival musik dari berbagai artis kenamaan, baik lokal maupun internasional. Apalagi karena adanya sejumlah konser atau festival musik yang sempat dibatalkan atau ditunda selama periode 2020-2021, animo penikmat seni musik dan gaya hidup di Indonesia pun makin terbangun.

Festival musik yang saat ini sedang dinikmati oleh para concert goers adalah Head in the Clouds (HITC) Jakarta. Berlangsung pada 3-4 Desember di Community Park PIK 2, Jakarta, HITC merupakan festival musik yang menghadirkan musisi-musisi representasi diaspora Asia di bawah manajemen 88Rising. Sebut saja, Rich Brian, NIKI, Stephanie Poetri, Joji, Zico, Chung Ha, Bibi, Jackson Wang, (G)I-DLE, dan Atarashii Gakko!.

Agar kesempatan menikmati konser dari para musisi idaman makin maksimal, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, di antaranya:

Berburu tiket gratis di media sosial

Tidak sedikit akun-akun media sosial dari brand-brand kenamaan yang menawarkan kesempatan untuk mendapat tiket gratis melalui metode kuis atau undian.

Langkah ini dapat menjadi opsi, apalagi bila kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan untuk membeli tiket dengan harga yang kadang tidak murah. Jadi tak ada salahnya mengecek situs resmi dari konser atau festival yang dituju, kemudian lihat daftar sponsor pendukung, dan rajin mengunjungi akun-akun media sosial dari para brand pendukung untuk mencari kesempatan memenangkan tiket gratis.

Tampil prima tapi jangan lupakan kenyamanan

HITC Jakarta tahun ini digelar di area terbuka Community Park PIK 2. Dengan tahu kondisi konser atau festival, penting untuk merencanakan pakaian yang sesuai.

Tampil prima dan estetik memang penting, tapi pastikan untuk mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan sepatu yang nyaman. Agar tidak sulit bergerak selama acara, bawa tas kecil yang ringan dan mudah dipakai.

Tidak perlu membawa banyak barang, cukup yang penting-penting saja seperti dompet, smartphone, jas hujan sekali pakai, power bank, kaca mata hitam, jel atau cairan antiseptik, topi, masker pengganti, dan tisu basah.

Bila ingin membawa botol air minum, hindari juga yang berat dan berbahan logam, seperti stainless steel, dan aluminium.


Instagram/HITCJakarta
Instagram/HITCJakarta

Atur energi agar tetap fit

Nonton festival membutuhkan banyak energi, apalagi bila area acara cukup luas dan banyak pindah tempat untuk menyaksikan panggung yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk istirahat cukup dan makan makanan bernutrisi.

Sebelum datang ke lokasi, hindari makan makanan yang terlalu pedas, terlalu asam atau mudah membuat perut tidak nyaman, mengingat toilet tidak selalu mudah ditemukan dan akan ramai dipadati pengunjung konser lainnya.

Bawa juga kudapan ringan yang mudah dimakan dan kaya nutrisi seperti protein atau granola bar, kacang-kacangan dan biskuit. Pastikan juga asupan air minum tetap terjaga.

Pilih moda transportasi yang aman dan nyaman

Supaya bisa menikmati konser atau festival dengan tenang tanpa deg-degan, pastikan untuk datang ke venue lebih awal agar terhindar dari antrean yang panjang. Bila kita menggunakan layanan ride hailing, seperti GrabBike dan GrabCar, gunakan juga fitur-fitur keamanan yang ada untuk memastikan penumpang dan mitra pengemudi terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan antara lain:

• Bagikan Informasi Perjalanan

Informasi mengenai status perjalanan penumpang secara real time yang dapat dibagikan ke keluarga atau kerabat penumpang. Informasi ini dapat dibagikan dalam format tautan atau link untuk memantau perjalanan status perjalanan, status mitra pengemudi, hingga pelacakan untuk perjalanan yang sedang berlangsung.

• Konfirmasi Situasi Jika Perjalanan Tidak Sesuai

Grab akan otomatis mengirimkan notifikasi jika perjalanan yang terdeteksi berhenti tiba-tiba atau ke luar rute yang ditentukan berdasarkan pantauan sinyal GPS, kondisi lalu lintas, hingga rute perjalanan.

• Tombol Keselamatan

Ketika fitur ini diaktifkan, Pusat Layanan Grab akan otomatis menerima notifikasi, melacak lokasi pengguna, dan menurunkan Tim Cepat Tanggap ke lokasi yang terdeteksi. Sistem ini juga akan secara otomatis mengirimkan pesan peringatan kepada kontak darurat yang terdaftar.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement