Ahad 04 Dec 2022 11:20 WIB

Polda Jateng Siap Kawal 220 Bus yang Disiapkan Panitia Pernikahan Kaesang-Erina

6.000 tamu undangan akan hadir di acara Ngunduh Mantu putra bungsu Presiden Jokowi.

Rep: C02/ Red: Nidia Zuraya
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi ungkap Anev terkait pernikahan Kaesang-Erina di Mapolresta Solo, Sabtu (3/12).
Foto: Republika/Alfian
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi ungkap Anev terkait pernikahan Kaesang-Erina di Mapolresta Solo, Sabtu (3/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Polda Jawa Tengah (Jateng) siap kawal 220 shuttle bus yang disiapkan panitia pernikahan guna memudahkan akomodasi 6.000 tamu undangan di acara Ngunduh Mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Ahad (11/12/2022) mendatang. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Lutfi setelah melakukan Analisa dan Evaluasi (Anev) di Mapolresta Solo, Sabtu (3/12/2022).

Pihaknya mengatakan bahwa bus tersebut akan disiapkan supaya tidak terjadi situasi krodit selama acara berlangsung. "Kami siapkan hampir 220 untuk mengantar tamu sehingga tidak terjadi krodit. Karena apabila jumlah tamu itu sekitar 6.000 kemungkinan terjadi krodit," katanya. 

Baca Juga

Selain itu, pihak Polda Jateng bersama polresta Solo sudah menetapkan jalur kedatangan tamu. Baik dari bandara, di hotel, dan mobilitas tamu hingga di area Mangkunegaran.

Kemudian, Ahmad juga menjelaskan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir. Diantaranya adalah di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan Solo. "Nanti ada juga yang di sana parkir dan akan diangkut dengan shuttle bus," katanya. 

Sedangkan untuk sistem jalur sekitar Pura Mangkunegaran beberapa jalur akan menggunakan one way sistem. Sedangkan sosialisasi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar akan dilangsungkan H-5 pernikahan.

"Tidak ada jalur kroscek wilayah di Mangkunegaran yang merupakan ring satu. Minimal pada h-5 atau Senin (5/12/2022) kami akan melakukan sosialisasi terkait pengalihan arus agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement