Senin 05 Dec 2022 14:34 WIB

Akun Twitter TMC Polda Metro Jaya Bermasalah, Kabid Humas: Gangguan Server

Polda memastikan akun TMC tidak diretas.

Rep: Ali Mansur/ Red: Teguh Firmansyah
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Endra Zulpan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Endra Zulpan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabid Humas Polda Metro Kombes Endra Zulpan mengaku hingga saat ini akun Twitter dengan domain @TMCPoldaMetro masih mengalami gangguan. Akibatnya, akun yang kerap menginformasikan kondisi lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya itu tidak dapat diakses khalayak umum.

Menurut Zulpan, akun Twitter TMC Polda Metro Jaya hanya mengalami gangguan server atau server down. Lalu pihak dari Twitter sudah menghubungi pihak Polda Metro terkait dengan ganguan pada server dan pihak Twitter meminta waktu untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga

“Akun Twitter bukan ada masalah apa. Itu ada sedikit gangguan, down karena sering upload yang masuk,” ujar Zulpan kepada awak media, Senin (5/12). 

Sehingga dengan demikian, Zulpan memastikan akun Twitter TMC Polda Metro Jaya bukan dalam penguasaan pihak lain atau diretas oleh pihak yang tak bertanggungjawab.  "Jadi, bukan karena di-hack, bukan," tegas Zulpan.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu akun Twitter TMC Polda Metro Jaya sempat diretas oleh orang yang tak bertanggungjawab, pada Kamis (1/12). Saat ini diklaimnya akun saat ini akun Ttwitter tersebut sudah diambil alih kembali.

"Iya (diretas). Tapi sudah aman," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman dengan singkat saat dihubungi, Kamis (1/12).

Ketika akun tersebut diretas, akun @tmcpoldametro memposting atau memention postingan dari Sui Wallet. Latif tidak membeberkan kapan peretasan itu dilakukan dan apakah ada data yang hilang atau dicuri pada saat peretasan berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement