Senin 05 Dec 2022 14:51 WIB

Patch 5.12 VALORANT Rilis, Muat Perubahan Besar Chamber

Ada sejumlah update yang dihadirkan untuk agent tersebut.

Rep: Kafka Umar/ Red: Partner
.
Foto: network /Kafka Umar
.

Sumber: twitter/@PlayVALORANT
Sumber: twitter/@PlayVALORANT

IBUGAME -- Patch terbaru dari VALORANT, yaitu 5.12, akhirnya resmi dirilis pada minggu ini (1/12/2022). Patch baru tersebut kembali memberikan nerf yang besar kepada Chamber. Patch 5.12 memberikan nerf yang meliputi perubahan statistik ability agent asal Perancis tersebut, dan juga gameplay dari Chamber.

Perubahan besar yang dilakukan VALORANT terhadap Chamber pada patch 5.12 minggu ini, disampaikan oleh Agent Designer VALORANT, Kevin Meier dan Jay Watford, melalui keterangan resminya pada waktu yang sama.

Sejumlah catatan penting dibeberkan mereka terhadap nerf yang diberikan untuk Chamber. Sama halnya dengan apa yang diberikan pada patch yang lalu, nerf yang diberikan oleh VALORANT kepada Chamber tidak jauh dari performanya yang semakin mendominasi.

Selain itu, penggunaan Chamber oleh semua pemain VALORANT semakin membuktikan bahwa agent ini menjadi pilihan utama. Dengan kata lain, agent dengan peran Sentinel ini selalu menjadi primadona dalam setiap permainan apapun.

"Makin kami mengulang, makin jelas bahwa mekanikanya saat ini membentuk ruang bermain dengan cara yang tidak sehat, melanggar identitas Agen lain, dan memutus siklus taktis inti VALORANT," tutur Kevin.

Hal tersebut menjadikan alasan kuat untuk memberikan nerf kepada Chamber. Ia, menurut Jay, akan memberikan beberapa perubahan terhadap beberapa aspek dari seorang Chamber. "Kami ingin mempertajam identitas Chamber sebagai Sentinel yang berfokus pada presisi dan mempertaruhkan dirinya untuk menahan area, sekaligus mengurangi lingkup pengaruhnya secara signifikan serta memperkenalkan lebih banyak serangan balik untuk lawan," sebutnya.

Berikut catatan yang diberikan VALORANT kepada semua ability Chamber.

Headhunter

- Kurva stabilitas diperbarui.

Rendezvous

- Kini Chamber menempatkan satu anchor yang bisa digunakan sebagai tujuan teleportasi saat berada di dalam jangkauannya, dan ditingkatkan menjadi 26 meter.

- Pembatasan ketinggian aktivasi teleportasi dihapus.

- Waktu siaga senjata setelah teleportasi ditingkatkan. Kini menjadi 0,7 detik.

- Menghancurkan anchor teleportasi Rendezvous kini akan menonaktifkannya selama sisa ronde, bukan mendapat cooldown.

- Chamber tak lagi mendapat cooldown tambahan saat recall Anchor-nya setelah melakukan teleportasi.

Trademark

- Trademark sekarang terbatas pada jangkauan.

- Trademark bisa di-recall pada pertengahan ronde.

- Cooldown Trademark menjadi 30 detik saat recall.

- Arm time awal ditingkatkan. Kini menjadi 4 detik.

- Health ditingkatkan menjadi 20.

- Durasi slow dikurangi menjadi 4 detik.

Tour De Force

- Laju tembakan dikurangi sebesar 57,5 persen.

- Durasi slow dikurangi menjadi 4 detik.

Dari perubahan terbaru yang dilakukan VALORANT kepada Chamber, Kevin dan Jay memiliki dua poin penting tujuan dari perubahan tersebut. "Mencapai keseimbangan yang cukup besar antara kekuatan sudut pertamanya dan berbagai cara untuk serangan balik, serta mendorong pemikiran yang lebih matang ke dalam setup," sebut mereka.

Terlebih lagi, menurut mereka dua poin penting tersebut mewakili tujuan dari perubahan pada setiap ability Chamber. "Mekanika Chamber menggantikan serangan balik dalam banyak kasus, dan pembatasan yang sedikit pada ability Chamber membuatnya tak perlu berhati-hati dalam memikirkan setup. Chamber akhirnya menjadi agen yang mematikan dalam hal apa pun," kata Kevin.

Selain itu, pendekatan khusus dilakukan VALORANT untuk memberikan nerf kepada Chamber. Pendekatan yang dilakukan Kevin dan Jay kepada agent yang satu ini, menginginkan ada ruang bagi pemain musuh saat menghadapi pemain yang menggunakan Chamber.

"Pendekatan kami dibangun untuk mempertahankan kekuatan tempur dan fantasi Chamber, sambil mempersempit rentang dampaknya di peta mana pun. Memberi lawan lebih banyak pengaruh untuk mengecoh atau mengungguli, dan memberi pemain Chamber kurva penguasaan yang matang. Pemain yang mencurahkan waktunya akan tahu cara supaya berhasil saat mereka mempelajari keunggulan serta kelemahan mekanika baru ini di peta, lokasi, dan gaya bermain, ujar Jay.

Dengan memberikan nerf terbaru kepada Chamber melalui patch 5.12, VALORANT berharap supaya pemain bisa beradaptasi dengan perubahan terbarunya. "Semoga para pemain masih dapat mengikuti gameplay yang berfokus pada pertempuran yang membuat kamu tertarik pada Chamber, sambil memberikan lebih banyak peluang bagi lawan untuk melakukan serangan balik," sahut Kevin.

Kedepannya, mereka akan intens memantau perkembangan Chamber setelah diberlakukannya patch 5.12. Jika masih mendominasi permainan, kemungkinan Chamber akan mendapatkan meta terbaru. "Kami akan terus mengawasi Chamber sembari semua pemain menyesuaikan diri dengan perubahan ini, mendorong batasan barunya, dan membentuk ulang meta. Kami selalu siap untuk melakukan penyesuaian," tutup Jay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement