Rabu 07 Dec 2022 07:40 WIB

Masyarakat di Sekitar Lokasi Wisata Klaten Didorong Berikan Pelayanan Prima Disertai CHSE

CHSE adalah Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Warga membawa kendi berisi air pada Kirab Sedulur Banyu di Umbul Kapilaler, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (2/9/2022). Kirab Sedulur Banyu dengan melakukan pengambilan air di tujuh sumber mata air itu sebagai makna syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelimpahan berkah air untuk kehidupan warga dan meningkatkan ekonomi pariwisata desa.
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Warga membawa kendi berisi air pada Kirab Sedulur Banyu di Umbul Kapilaler, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (2/9/2022). Kirab Sedulur Banyu dengan melakukan pengambilan air di tujuh sumber mata air itu sebagai makna syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelimpahan berkah air untuk kehidupan warga dan meningkatkan ekonomi pariwisata desa.

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kali ini sosialisasi yang berlangsung tanggal 4-5 Desember 2022, bertempat di delapan desa wisata di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Penekanan soal pentingnya memberikan pelayanan terbaik dengan mengedepankan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) atau Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Keberlanjutan Lingkungan dalam pengembangan pariwisata, selalu menjadi pesan utama Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 yang menjadi program unggulan dengan dukungan sepenuhnya dari Bank Dunia. Program ini berlangsung dari awal tahun 2022 hingga 2023 mendatang di 155 desa wisata di enam Destinasi Pariwisata Prioritas, Danau Toba, Borobudur Yogyakarta Prambanan, Bromo Tengger Semeru, Lombok, Wakatobi dan Labuan Bajo.

Baca Juga

Kampanye Sadar Wisata 5.0 merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata. 

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini Mohamad Paham atau akrab dipanggil Diah Paham, menegaskan, sosialisasi Sadar Wisata 5.0 ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku industri (pariwisata) dan menyadarkan semua untuk maju bangkit dari Covid kita perlu melakukan beberapa hal terkait penerapan CHSE.

Selain itu, Diah menekankan, pariwisata adalah industri yang berbasis hospitality atau pelayanan. Memberikan pengalaman terbaik melalui pelayanan prima dengan pendekatan CHSE, dikatakan Diah, juga akan menjawab tantangan tren pariwisata saat ini yang lebih fokus pada kualitas alih-alih kuantitas wisatawan. 

“Kualitas ini tidak hanya disiapkan pada pembenahan (sumber daya manusia/SDM) kita, melainkan juga dengan memberikan pengalaman dan pengayaan yang lebih bagus bagi wisatawan,” kata dia.

Saat membuka secara langsung sosialisasi di Desa Kemudo, Senin (5/12), Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Madya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Glory Hastanto, mewakili Direktorat SDM Pariwisata menjelaskan, sosialisasi sadar wisata menjadi upaya untuk membuat warga dapat mengenali potensi wisata di desanya masing-masing.

“Konsep Desa Wisata, menjadi sebuah terobosan yang menggabungkan semua potensi yang dimiliki desa termasuk bagaimana pengembangannya, dengan penerapan unsur unsur Sapta Pesona, Pelayanan Prima dan CHSE,” kata Glory.

Glory juga mengatakan, pariwisata di desa yang dilembagakan melalui keberadaan Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) akan menjadi kekuatan penting dalam mengelola potensi wisata dengan berkolaborasi bersama pihak-pihak lain di desa.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Kabupaten Klaten, Sri Nugroho menjelaskan, perlunya melayani wisatawan dengan sebaik-baiknya agar mereka merasa kerasan dan mengulangi kunjungan. Untuk itu, Sri Nugroho menekankan bahwa pembangunan SDM pariwisata yang andal harus diutamakan.

“Penting bagaimana para pengelola punya inovasi. Jangan sampai sarana prasarana sudah ada namun SDM tidak terasah. SDM yang andal ini bisa membangkitkan perekonomian, termasuk mencari bibit SDM yang pandai tentang IT,” ujarnya.

Untuk wilayah Kabupaten Klaten, saat ini terdapat 29 desa wisata, termasuk delapan desa wisata yang terpilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan sosialiasi sadar wisata kali ini, yaitu Desa Wisata Geneng, Randusari, Kotesan, Brajan, Joho, Cucukan, Kemudo, dan Kokosan.

Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, melalui program pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan, Kemenparekraf berkomitmen untuk berperan dalam mendukung peningkatan dan penyiapan Sumber Daya Menusia (SDM) andal dan profesional di bidang parekraf. "Di antaranya melalui pelatihan bagi para pelaku pariwisata dari desa-desa wisata,” kata Sandiaga seperti dilansir dari Antara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement