Rabu 07 Dec 2022 13:35 WIB

Jaringan Prima Resmikan Layanan Tarik Tunai ATM tanpa Kartu Antarbank

Layanan tarik tunai tanpa kartu antarbank memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Red: Friska Yolandha
ATM BNI (ilustrasi). PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) melakukan kerja sama dengan lima bank menghadirkan layanan cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu di ATM secara off us (antarbank).
Foto: ANTARA/M Agung Rajasa
ATM BNI (ilustrasi). PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) melakukan kerja sama dengan lima bank menghadirkan layanan cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu di ATM secara off us (antarbank).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) melakukan kerja sama dengan lima bank menghadirkan layanan cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu di ATM secara off us (antarbank). Upaya ini diharapkan memudahkan nasabah melakukan tarik tunai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelima bank tersebut, yaitu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebagai acquirer, PT Bank CIMB Tbk (CIMB Niaga) sebagai acquirer, PT Bank DKI (Bank DKI) sebagai issuer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) sebagai issuer, serta PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (Multiarta Sentosa) sebagai issuer. Dengan demikian, nasabah Bank DKI, Bank Danamon, dan Bank Multiarta Sentosa, nantinya dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA di seluruh Indonesia. 

Baca Juga

Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera Iwan Setiawan berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh nasabah mitra bank Jaringan PRIMA dalam bertransaksi. Apalagi, lanjutnya, saat ini terjadi kelangkaan chip kartu ATM, sehingga tarik tunai tanpa kartu diharapkan menjadi solusi bagi mitra bank.

Jaringan PRIMA juga tengah mengembangkan layanan cardless cash withdrawal dengan mitra bank lainnya. "Terdapat 19 mitra bank lain yang saat ini sedang dalam tahap development layanan cardless cash withdrawal," katanya.

Dalam kesempatan sama, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan transaksi tarik tunai tanpa kartu antarbank selain mudah, juga dapat mengurangi risiko kartu ATM/debit tertelan atau hilang.

"Selain itu, nasabah juga dapat terhindar dari penipuan karena layanan ini hanya bisa digunakan untuk tarik tunai dari mobile banking milik nasabah," kata Adi.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara Bank DKI dan Jaringan PRIMA dalam pemanfaatan layanan tarik tunai tanpa kartu. Menurutnya, ini adalah langkah konkrit dan adaptif dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital.

"Kerja sama layanan cardless cash withdrawal melalui jaringan PRIMA, yang diakses melalui fitur mobile cash pada aplikasi JakOne Mobile Bank DKI ini merupakan perwujudan transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI," kata Fidri.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement