Kamis 08 Dec 2022 07:00 WIB

Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Pemprov Kepulauan Babel Serahkan Bantuan

Bantuan tunai senilai total Rp 1 miliar tersebut diserahkan secara simbolis

Red: Hiru Muhammad
 Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kepulauan Babel) ikut memberikan bantuan. Bantuan untuk korban gempa dari Pemprov Kepulauan Babel itu diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022).
Foto: istimewa
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kepulauan Babel) ikut memberikan bantuan. Bantuan untuk korban gempa dari Pemprov Kepulauan Babel itu diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR--Gempa yang menggoyang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu menyedot perhatian publik. Bantuan dan kepedulian terus mengalir bagi para korban gempa yang memakan korban jiwa hingga lebih dari 330 jiwa ini.

Seakan turut merasakan penderitaan yang dialami para korban gempa Cianjur, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kepulauan Babel) ikut memberikan bantuan. Bantuan untuk korban gempa dari Pemprov Kepulauan Babel itu diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Bantuan tunai senilai total Rp 1 miliar tersebut diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah. Sekda Cecep mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Ridwan beserta jajaran atas dukungan dan sumbangsih dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada masyarakat di Kabupaten Cianjur.

"Kami mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang telah diberikan, saat ini kami sedang menghadapi situasi yang sulit," ujar Sekda Cecep. "Kehadiran serta apa yang disampaikan oleh Pemprov Babel kepada kami sangat membesarkan hati kami warga Cianjur dan sangat berarti besar bagi kami."

photo
Selain menyerahkan bantuan, Pj Gubernur Ridwan beserta jajaran juga turut meninjau lokasi terdampak bencana. - (istimewa)

 

Penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian sesama masyarakat Indonesia. Walaupun belum mengenal masyarakat secara keseluruhan, Pj Gubernur Ridwan mengatakan, terbukti solidaritas atas nama bangsa yang senasib seperjuangan berhasil menggerakan tangan orang lain untuk turut mengulurkan bantuan. 

"Kehadiran kami beserta rombongan adalah untuk menyampaikan rasa peduli kami sebagai sesama warga bangsa, meskipun jarak memisahkan tapi hati kami masyarakat Bangka Belitung turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas apa yang menimpa warga Cianjur," ungkap Pj Gubernur Ridwan.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Kepala Pelaksana BPBD Mikron Antariksa, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) M Haris AR, serta didampingi Kepala Badan Penghubung Benny Helmi. Kepala Bakuda M Haris AR mengatakan, penyerahan bantuan dari Pemprov Kepulauan Babel ini bersumber dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Pemprov Babel.

"Dana yang kita serahkan bersumber dari Belanja Tidak Terduga melalui bantuan keuangan senilai satu miliar rupiah. Proses administrasinya sudah selesai kita lakukan, setelah penyerahan secara simbolis dalam satu atau dua hari ke depan akan dilakukan proses transfer langsung ke rekening kas daerah Kabupaten Cianjur," ungkap M Haris menjelaskan.

Pj Gubernur Ridwan berharap bantuan yang telah diserahkan ini dapat bermanfaat untuk percepatan pemulihan agar masyarakat Cianjur segera kembali beraktifitas seperti biasa. Selain menyerahkan bantuan, Pj Gubernur Ridwan beserta jajaran juga turut meninjau lokasi terdampak bencana. 

Keprihatinan disampaikan langsung Pj Gubernur Ridwan kepada masyarakat di Dusun Cibulakan, Kecamatan Cigenang, Kabupaten Cianjur. Masyarakat dan relawan di lokasi terdampak bencana pun lantas menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Kepulauan Babel atas empati dan simpati yang telah diberikan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement