Kamis 08 Dec 2022 13:18 WIB

PKK Sekitar Rumah Erina Membuat Nasi Tasyakuran untuk Tetangga

Gotong royong membuat nasi tasyakuran ini untuk membantu keluarga Erina

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Jelang pernikahan, Kaesang-Erina Ziarah kubur di makam-makam leluhur Mangkunegara, Selasa (29/11/2022).
Foto: Republika/Alfian
Jelang pernikahan, Kaesang-Erina Ziarah kubur di makam-makam leluhur Mangkunegara, Selasa (29/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Anggota PKK Pedukuhan Purwosari, Kelurahan Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan tempat di mana Erina Sofia Gudono, calon menantu Presiden Joko Widodo tinggal, bergotong royong membuat nasi tasyakuran untuk tetangga sekitar.

"Gotong royong membuat nasi tasyakuran ini untuk membantu keluarga Mbak Erina, karena keluarga sangat repot jika harus menyiapkannya," kata Ketua PKK Pedukuhan Purwosari Tanti Sutarto di Sleman, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, masyarakat dan seluruh PKK Purwosari turut mangayubagya (berbahagia menyambut) atas pernikahan Erina yang dipersunting Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi. "Sebagai rasa turut mangayubagya, pagi hari ini dari ibu-ibu PKK tetangga, khususnya warga RT 03 turut membantu untuk membuat nasi tasyakuran untuk dibagikan ke tetangga dekat. Nasi tasyakuran ini dikerjakan di rumah warga," katanya.

Menurut dia, karena semua undangan sudah terbatas pada acara pernikahan tersebut, maka tetangga tidak bisa masuk ke arena di depan. "Jadi ini cukup diantarkan di rumah para tetangga dan untuk nanti sore," katanya.

Tanti mengatakan nasi tasyakuran yang dibuat oleh PKK 110 kardus untuk satu wilayah RT 03 dan sebagian warga RT tetangga. "Nasi tasyakuran yang berisi nasi, sambal goreng kentang kerecek, ayam goreng, bakmi goreng, telor rebus dan kerupuk ini sudah kami masak sejak kemarin, dan hari ini mulai dibagikan ke tetangga. Semua atas permintaan calon pengantin putri," katanya.

Selain itu, warga Purwosari pada Jumat (9/12/2022) akan menggelar acara nonton bareng prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono melalui layar elektronik yang dipasang di Gedung Serbaguna Purwosari. "Besok (9/12/2022) ada nonton bareng dan juga makan bersama warga di Gedung Serbaguna Purwosari, ini semua gratis untuk warga," katanya.

Untuk rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina pada hari ini di rumah Erina direncanakan dilangsungkan pengajian dan mendoakan air dari tujuh mata air yang nantinya untuk siramancalon pengantin putra dan putri. Air untuk siraman calon pengantin putra ini seusai didoakan akan langsung dibawa ke Solo oleh "Duta Tirta Perwitasari". Selanjutnya juga dilangsungkan tahlil yang diikuti oleh undangan dan tamu VIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement