Kamis 08 Dec 2022 18:46 WIB

15 Tim Khataman Alquran di Rumah Erina Gudono 

Semaan Alquran atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Alquran.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono diawali dengan pengajian di rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (8/12/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi. Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono diawali dengan pengajian di rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (8/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono diawali dengan pengajian di rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (8/12/2022). Dalam acara pengajian tersebut, digelar semaan Alquran atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Alquran. 

Pihak keluarga mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren serta para tetangga dan kerabat dekat keluarga mempelai. Paman Erina Gudono, Muhaimin, mengatakan khataman 30 juz Alquran dilakukan oleh 15 tim yang masing-masing mengkhatamkan dua juz. 

Baca Juga

"Ngaji itu kita khataman, semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim, nanti satu tim itu dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu tutup doa," kata Muhaimin.

Dalam pengajian tersebut, juga disiapkan air yang akan digunakan dalam prosesi siraman besok. Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan. 

"Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman," kata dia. 

"Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," lanjutnya.

Calon mempelai wanita, Erina Gudono, duduk diapit oleh sang ibu Sofiatun Gudono dan kakaknya Allen Gudono. Erina mengenakan pakaian berwarna abu muda, lengkap dengan kain penutup kepala berwarna senada.

Selain digelar di rumah calon mempelai wanita, pengajian juga digelar di rumah calon mempelai pria di daerah Sumber, Kota Surakarta, bakda salat Asar. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ نَافَقُوْا يَقُوْلُوْنَ لِاِخْوَانِهِمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ لَىِٕنْ اُخْرِجْتُمْ لَنَخْرُجَنَّ مَعَكُمْ وَلَا نُطِيْعُ فِيْكُمْ اَحَدًا اَبَدًاۙ وَّاِنْ قُوْتِلْتُمْ لَنَنْصُرَنَّكُمْۗ وَاللّٰهُ يَشْهَدُ اِنَّهُمْ لَكٰذِبُوْنَ
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang munafik yang berkata kepada saudara-saudaranya yang kafir di antara Ahli Kitab, “Sungguh, jika kamu diusir niscaya kami pun akan keluar bersama kamu; dan kami selama-lamanya tidak akan patuh kepada siapa pun demi kamu, dan jika kamu diperangi pasti kami akan membantumu.” Dan Allah menyaksikan, bahwa mereka benar-benar pendusta.

(QS. Al-Hasyr ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement