Jumat 09 Dec 2022 08:33 WIB

Hari Ini Dimulai Rangkaian Prosesi Siraman Pernikahan Kaesang-Erina

Siraman Kaesang-Erina dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB pada Jumat (9/12/2022)

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Christiyaningsih
Putra terakhir Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep akan menikah dengan Erina S Gudono.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Putra terakhir Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep akan menikah dengan Erina S Gudono.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sejumlah rangkaian tradisi upacara adat pengantin Yogyakarta akan dilalui putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina Gudono hari ini (9/12/2022). Acara dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB.

"Upacara siraman akan diawali dengan upacara majang tarub," kata Master of Ceremony (MC) acara pernikahan Kaesang dan Erina, Wigung Wratsangka, Kamis (8/12/2022) malam.

Baca Juga

Kemudian acara dilanjutkan dengan upacara cethik geni dan adang sepisan. Adang sepisan digelar karena keluarga Gudono baru menggelar hajat mantu untuk pertama kali. "Kemudian sungkem kepada ibu, sungkem kepada kakak berdua karena melangkahi Mas Allen dan Mbak Nadya," ujarnya.

Selanjutnya upacara dilanjutkan dengan meramu air siraman dari tujuh sumber. Kemudian nata alas tempat duduk untuk calon pengantin putri menjalani upacara siraman. "Kemudian upacara siraman baru dilakukan dengan air siraman yang disebut tirta pamorsih dari kata pamor dan sih. Makanya nanti ada upacara mecah pamor setelah wudhu dengan air klentring," tuturnya.

Pada umumnya masyarakat mengenalnya dengan tirta perwirta. Tirta memiliki makna air dan perwita artinya mencari ilmu.

"Itu filosofi siraman yang memiliki inti niat untuk membersihkan jiwa raga lahir batin dan segala keburukan. Memohon kepada Tuhan jika air siraman ini membasahi kepala, Tuhan yang kaya akan ilmu dan sumber dari segala ilmu pengetahuan mudah-mudahan  memberikan ilmu kepada calon mempelai yang bermanfaat," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement