Jumat 09 Dec 2022 15:05 WIB

Erina Kenakan Kain Batik Motif Nagasari dan Grompol Saat Siraman

Pohon Nagasari menjadi simbol cinta dan kesetiaan yang luar biasa. 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Tangkapan layar prosesi siraman Erina Gudono di Yogyakarta.
Foto: Febrianto Adi Saputro
Tangkapan layar prosesi siraman Erina Gudono di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rangkaian prosesi siraman calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, telah berjalan lancar. Erina mengenakan kain bermotif nagasari dan grompol saat rangkaian adat siraman berlangsung.

"Baju Mbak Erina waktu siraman mengenakan kain batik Yogyakarta motifnya nagasari dan grompol pas potong rikmo," kata pembawa acara adat siraman, Wigung Wratsangka, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Wigung menjelaskan Nagasari merupakan pohon di mana Dewi Shinta selalu berdoa memohon kepada tuhan untuk dipertemukan kembali dengan Sri Ramawijaya. Sedangkan pohon Nagasari menjadi simbol cinta dan kesetiaan yang luar biasa. 

Sedangkan saat siraman berlangsung, kain yang digunakan Erina bermotif kawung berlambang sedulur papat limo pancer lengkap dengan melati yang dirangkai. Malam nanti akan digelar acara midodareni. 

"Malamnya midodareni dengan wahyu tumurun kain batiknya," ucapnya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّآ اَنْزَلْنَا التَّوْرٰىةَ فِيْهَا هُدًى وَّنُوْرٌۚ يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّوْنَ الَّذِيْنَ اَسْلَمُوْا لِلَّذِيْنَ هَادُوْا وَالرَّبَّانِيُّوْنَ وَالْاَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوْا مِنْ كِتٰبِ اللّٰهِ وَكَانُوْا عَلَيْهِ شُهَدَاۤءَۚ فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰفِرُوْنَ
Sungguh, Kami yang menurunkan Kitab Taurat; di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya. Yang dengan Kitab itu para nabi yang berserah diri kepada Allah memberi putusan atas perkara orang Yahudi, demikian juga para ulama dan pendeta-pendeta mereka, sebab mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah. Barangsiapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir.

(QS. Al-Ma'idah ayat 44)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement