Sabtu 10 Dec 2022 00:30 WIB

Pengamat Apresiasi Kinerja Kementerian BUMN di Bawah Erick Thohir

Menteri BUMN diharapkan jadi garda terdepan dalam menjawab ancaman resesi global

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam menjawab ancaman resesi global pada tahun 2023. Ilustrasi.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menteri BUMN Erick Thohir diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam menjawab ancaman resesi global pada tahun 2023. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi, Political Literacy Desk (Polldesk) Faisal Riza melihat ada sejumlah hal yang memang patut mendapat apresiasi dari kinerja Kementerian BUMN selama ini di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

Menurut Riza, apresiasi pertama yakni terkait unifikasi bank syariah milik negara ke dalam bentuk Bank Syariah Indonesia. "Kemudian motto AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) BUMN dinilai bisa menjadi senjata untuk pencapaian luar biasa ke depan,"ujar Riza dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Riza yang juga merupakan Akademisi UIN Sumatra Utara ini juga berharap agar Menteri BUMN Erick Thohir mampu menjadi garda terdepan dalam menjawab ancaman resesi global pada tahun 2023. "Rencananya BUMN mau jadi pembeli siaga hasil tani. Maka kalau ini terjadi, kita patut bersyukur. Ini akan jadi kinerja luar biasa," katanya.

Namun dia memiliki catatan sendiri agar Kementerian BUMN menjadi lebih baik ke depan. Pertama, soal kenaikan harga BBM. Riza mendorong agar pemerintah dalam hal ini Pertamina mampu mengintervensi pasar. "Jangan dilepas begitu saja. Bahan bakar ini kan yang menyentuh langsung ke rakyat," jelasnya.

Sedangkan untuk catatan kedua yakni soal daya saing BUMN. Riza mengatakan bahwa menyerap investor asing itu bagus tetapi harus disertai pengarusutamaan daya saing BUMN agar anak negeri yang berkompeten diberi ruang untuk bersaing dengan luar.

Sebelumnya, Lembaga Poltracking Indonesia melakukan survei terhadap Proyeksi Ekonomi Politik Nasional. Survei yang dilakukan pada 21-27 November 2022 itu juga dimaksudkan sebagai catatan akhir tahun kinerja Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin tahun 2022.

Salah satu temuan yang diperoleh dari sampel 1.220 responden itu terkait kepuasan publik terhadap kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat penilaian luar biasa dari publik. Dari temuan surveiitu, publik sangat puas dengan kinerja Erick. Dengan perolehan 59,4 persen, Erick berada di nomor urut dua tepat di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 61,4 persen.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement