Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Rep: Eko Supriyadi / Red: Agung Sasongko
 Reaksi Neymar dari Brasil setelah kalah dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Education City Stadium di Doha, Qatar,  Jumat (9/12/2022).
Foto EPA-EFE/Neil Hall

Reaksi Neymar dari Brasil setelah kalah dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Education City Stadium di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022).

Neymar telah membuat 124 penampilan untuk Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID DOHA --Neymar akhirnya menyamai rekor gol milik Pele, usai mencetak 77 gol untuk tim nasional Brasil. Neymar mencetak gol ke gawang Kroasia, meski gagal membawa timnya melaju di ke semifinal Piala Dunia 2022. Dikutip dari BBC, Sabtu (10/12), FIFA telah mengakui rekor tersebut secara resmi. Anehnya, Konfederasi Sepak Bola Brasil dan Pele tidak mengakui rekor tersebut, karena legenda sepak bola itu dianggap mencetak 95 gol.

Sebab, FIFA hanya mengakui gol tim nasional yang dicetak dalam pertandingan antara negara. Sementara beberapa gol Pele terjadi dalam pertandingan persahabatan antara Brasil dengan tim klub. Neymar telah membuat 124 penampilan untuk Brasil.

Baca Juga

Pele, yang memenangkan tiga Piala Dunia bersama Brasil pada tahun 1958, 1962 dan 1970, saat ini sedang dirawat di rumah sakit di Sao Paulo. Namun penghitungan Neymar bukanlah rekor Brasil secara keseluruhan, dengan Marta telah mencetak 115 gol untuk tim putri sejak 2002. 

Neymar menyamai rekor Pele pada akhir babak pertama perpanjangan waktu di perempat final saat melawan Kroasial. Ia bekerja sama dengan pemain West Ham Lucas Paqueta, melewati kiper sebelum kemudian melepaskan tendangan kaki kanan. 

Sayang, Tim Samba kalah 4-2 melalui adu penalti, usai Bruno Petkovic menyamakan kedudukan pada menit 116, lewat tendangan ke arah gawang pertama Kroasia. Brasil harus menerima kenyataan lagi bahwa langkah mereka di Piala Dunia harus terhenti oleh tim Eropa, rekor buruk sejak Piala Dunia 2002, dimana Selecao menjadi juara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
neymar brasil pele gol neymar
Berita Terpopuler
Berita Lainnya