Ini Catatan Menarik Jelang Laga Brasil Kontra Belanda

Reuters
Bintang Brasil Neymar yang mengalami cedera.
Rep: c84 Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  BRASILIA -- Duel dua tim yang tengah terluka tersaji di babak perebutan tempat ketiga antara tuan rumah Brasil kontra Belanda di Stadion Nacional, Brasilia, Ahad (13/7) dini hari WIB. Setelah dihabisi 1-7 oleh Jerman, Brasil tentu tak ingin kembali dipermalukan dihadapan publiknya sendiri.


Sedangkan, Belanda juga tak ingin pulang dengan dua kali kekalahan beruntun di fase knock out. Sebelum menyaksikan jalannya laga Brasil kontra Belanda, ada beberapa catatan menarik yang dilansir goal, antara lain :Laga ini akan menjadi pertemuan ke-12 antara Brasil dan Belanda dan kelima di Piala Dunia.

Di Piala Dunia, Belanda pernah meraih dua kali kemenangan, yang paling terbaru pada perempat final Piala Dunia 2010 dengan skor 2-1. Brasil berhasil menang sekali pada Piala Dunia 1994 plus adu penalti 4-2 pada 1998. Untuk kedua kalinya setelah 1974 dan 1978, Belanda akan mengakhiri turnamen di posisi empat besar dalam dua Piala Dunia berturut-turut.

Belanda sudah mengemas 12 gol dalam empat laga pembuka mereka, namun gagal mencetak gol di perempat-final dan semi-final, meski kedua laga ini berlanjut hingga extra time. Belanda menelan lima kekalahan dari tujuh adu penalti di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa. Ini merupakan perebutan tempat ketiga yang kedua kalinya bagi Belanda (Pada 1998, kalah 1-2 dari Kroasia).

Brasil telah kebobolan gol paling banyak di Piala Dunia edisi sekarang (11 kali). Kali terakhir mereka kemasukan 11 gol pada edisi 1938 dan sejak itu mereka tidak pernah lagi kebobolan lebih dari 11. Sementara 10 dari 12 gol yang dicetak Belanda di turnamen ini datang setelah babak pertama, empat gol terakhir masuk setelah menit ke-75. Belanda hanya melakukan satu tembakan ke gawang di semifinal, Brasil melepas delapan tembakan ketika dibekuk Jerman 1-7.

Ini akan menjadi perebutan tempat ketiga yang keempat kalinya bagi Brasil. Brasil memenangkan dua kali dan kalah sekali dalam tiga penampilan sebelumnya di babak pertaruhan posisi ketiga. Menghadapi Jerman, Brasil hanya menerima 11 pelanggaran sementara menghadapi Kolombia di perempat final mereka mendapatkan 31 pelanggaran. Hanya Karim Benzema (15 kali) yang memiliki tembakan ke gawang lebih banyak dibanding Robin van Persie (10 kali) di Piala Dunia ini, namun Belanda belum pernah mencetak gol di babak gugur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler