Rekomendasi Sidang Parlemen ASIA Dibawa ke Pertemuan di Kamboja

borgenproject.org
Salah satu sudut kemiskinan di Iran.
Rep: Agus Raharjo Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sidang parlemen se-ASIA atau Asian Parliamentary Assembly (APA) selesai digelar hari ini, Kamis (20/8). Dalam salah satu sidang Komite APA telah merumuskan draf resolusi untuk dibawa dalam pertemuan APA berikutnya di Kamboja akhir tahun nanti. Dalam sidang komite ini, ada 9 draf resolusi yang dihasilkan terkait pengentasan kemiskinan di wilayah Asia.

Delegasi Indonesia Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengatakan, dalam sidang komite bidang ekonomi dan pembangunan berkelanjutan ini, lebih banyak untuk menyatukan semangat seluruh parlemen Asia soal pemberantasan kemiskinan. Sidang ini merupakan sidang persiapan untuk sidang APA ke-8 yang akan dilaksanakan di Kamboja bulan Desember nanti. Draf yang sudah disusun di sidang ini nantinya akan dibawa ke sidang APA untuk disetujui.

Terkait kemiskinan di Asia sendiri, Politikus Gerindra ini mengatakan, semua hal sangat penting dibahas. Namun, pembahasan hanya akan bersifat global agar draf yang dibuat dapat diimplementasikan di seluruh negara di Asia. Negara-negara di Asia yang hadir di Jakarta untuk mengikuti sidang ini antara lain Afganistan, Bangladesh, Bhutan, China, Cyprus, India, Indonesia, Iran, Yordania, Kazakztan, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Malaysia, Maldives, Pakistan, Palestina, Filipina, Thailand, Bahrain, dan Kamboja.

“Yang saya lihat, lebih pada penyatuan spirit, bagaimana pentingnya untuk memberantas kemiskinan di wilayah Asia,” kata dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler