DPR Minta Penjelasan Menkominfo Terkait Tarif Interkoneksi

taufik rachman
Salah satu menara BTS milik operator telekomunikasi
Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan Komisi I pada siang ini, Rabu (24/8), berencana memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara terkait tuduhan monopoli infrastruktur di luar Jawa oleh Telkom. Tuduhan itu disinyalir memicu keluarnya kebijakan penurunan tarif interkoneksi dari Kemenkominfo.


"Pemanggilan ini terkait polemik kerugian negara BUMN Telkom dan tuduhan monopoli infrastruktur di luar Jawa oleh Telkom, yang disinyalir memicu keluarnya kebijakan penurunan tarif interkoneksi dari Kemenkominfo," tuturnya, Rabu (24/8).

Dia mengatakan, Komisi I perlu mendapatkan informasi yang berimbang dari Kemenkominfo, akademisi, penggiat, asosiasi, dan operator telco, baik Telkomsel dan non-Telkomsel. Bobby menjelaskan, seharusnya penurunan tarif interkoneksi dari pemerintah di negara manapun, pasti disambut suka cita oleh rakyatnya.

"Tapi kalau tarif turun malah ada kerugian negara dari perusahaan pemerintah, ini menandakan ada masalah koordinasi antarlembaga pemerintah," urainya.

Hal tersebut menurut dia, yang perlu diklarifikasi Menkominfo dalam Rapat Kerja tersebut siang nanti, sehingga tidak menjadi polemik di masyarakat yang berkepanjangan. Politikus Golkar itu mengatakan, Komisi I DPR juga akan meminta klarifikasi kepada Kemenkominfo atas adanya tuduhan bahwa Menkominfo tidak terbuka dalam penurunan tarif interkoneksi tersebut.

"Itu tuduhan sebagian orang dan lembaga di media ke Kemenkominfo bahwa proses tersebut tertutup, dalam rapat nanti kita akan klarifikasi hal tersebut, karena kami masih yakin menteri ini sangat profesional," katanya menambahkan.

Bobby menegaskan, Komisi I DPR akan terus mendalami wacana penurunan tarif interkoneksi itu karena masih banyak yang belum memahami formulasi perhitungan tarif interkoneksi.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler