DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Tangani Virus Zika

Independent
Virus Zika (ilustrasi)
Rep: Eko Supriyadi Red: Andi Nur Aminah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin merebaknya kasus virus zika di Singapura, membuat Indonesia harus ekstra waspada untuk mencegah masuknya virus tersebut ke Indonesia. Oleh karena itu, Wakil ketua DPR RI Fadli Zon Meminta pemerintah harus gerak cepat melakukan upaya pencegahan.

"Saya kira ini harus ada langkah-langkah cepat. Karena virus tentu tidak tahu menyebarnya juga dengan cepat karena jangan sampai ini menjadi satu yang bisa menimbulkan banyak korban," ujar Fadli, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

Ia menilai perlu ada upaya emergensi yang dilakukan oleh pemerintah termasuk Kementerian Kesehatan dan juga daerah setempat. Sebab, virus zika sangat berbahaya, sehingga harus ada protokol di dalam mencegah untuk membendung penyebaran virus ini.

"Jadi langkah-langkah ini jangan terlambat, karena ini jika menyebabkan orang yang tertular, percepatannya itu akselarasinya luar biasa lebih cepat karena kita kan negara yang jumlah penduduknya sangat besar banyak dan orang yang melakukan travelling ini juga cukup dinamis cukup cepat," katanya.

Ia menyarankan, langkah pertama bisa dilakukan pendataan dan mungkin jika sudah ada yang jelas-jelas terdeteksi. Jika itu terjadi, dia mengatakan  mesti segera diisolasi supaya ini tidak menyebar.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler