Ini Reaksi Harry Kane Diangkat Jadi Kapten Timnas Inggris

Pengangkatan Kane sebagai kapten diumumkan pelatih Gareth Southgate lewat Twitter.

EPA-EFE/ANDY RAIN
Harry Kane
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Harry Kane menyambut gembira penunjukannya sebagai kapten timnas Inggris pada Piala Dunia 2018. Ia mengatakan, sebuah kehormatan besar dapat mengenakan ban kapten Inggris di lengannya saat bertarung di Rusia nanti.


"Saya sangat gembira untuk Piala Dunia, tidak sabar menunggu. Memimpin para pemain di lapangan akan menjadi istimewa," kata dia dikutip dari Reuters, Selasa (22/5).

Ia berterima kasih kepada keluarga, rekan, dan fan yang mendukungnya pada masa susah maupun senang.  Penunjukan sebagai kapten diakui Kane sangat berarti untuknya.

Pengangkatan Kane sebagai kapten diumumkan pelatih Gareth Southgate lewat akun Twitter resmi timnas Inggris pada Selasa. Ia menilai penyerang Tottenham Hotspur ini sangat pantas mengemban jabatan tersebut.

Kane masih berusia muda untuk jabatan kapten timnas. Ia baru akan berulang tahun ke-25 pada 28 Juli atau setelah Piala Dunia 2018 berakhir.

Akan tetapi, skuat Inggris kali ini juga diisi sederet pemain muda. The Three Lions memiliki pemain dengan rata-rata usia 26 tahun atau ketiga termuda di Rusia nanti.

Selain itu, Kane akan mendapatkan dukungan dari sejumlah sosok yang sudah punya pengalaman. Sebut saja kapten Liverpool, Jordan Henderson, dan bek Chelsea, Gary Cahill.

"Harry akan membutuhkan dukungan dari para pemimpin baik lainnya yang kami miliki di sekitarnya," kata Southgate.

Ia mengatakan, Inggris tidak akan menjadi tim top dengan hanya memiliki kapten yang baik dengan nilai-nilai yang baik. Menurut dia, nilai-nilai bagus itu harus sisebarkan sang kapten ke seluruh tim. 

"Tetapi saya pikir dia adalah orang yang siap untuk mengambil tantangan itu," ucap Southgate.

Inggris akan memainkan pertandingan persahabatan melawan Nigeria dan Kosta Rika pada 2 dan 7 Juni, sebelum terbang ke Rusia. Harry Kane dkk menghuni Grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia di Piala Dunia 2018.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler