BNI Catat 30 Ribu Pengguna Aplikasi Remitansi MoRe
Transaksi remittance dari Singapura lewat BNI MoRe meningkat 95 persen
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berupaya menyempurnakan layanan remitansi, termasuk salah satu yang paling aktif adalah transaksi melalui aplikasi Mobile Remittance (MoRe) di Singapura.
Pada semester pertama 2020, terdapat sekitar 30 ribu pengguna aplikasi BNI MoRe. Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahyu Setyawan mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak menghilangkan kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan termasuk tujuh juta Diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.
"Transaksi kiriman uang dari Singapura melalui aplikasi BNI MoRe juga mengalami pertumbuhan sebesar 95,1 persn year on year (yoy) per Juni 2020," ujarnya dalam keterangan tulis, Senin (20/7).
Menurutnya tidak hanya di Singapura, BNI juga bekerja sama dengan perusahaan fintech (financial technology) di berbagai negara untuk memudahkan Diaspora Indonesia yang ingin mengirimkan uang ke Indonesia secara digital. Kerja sama tersebut turut mendorong pertumbuhan transaksi remitansi BNI di negara tempat Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI berada.
Negara-negara tersebut yaitu di Taiwan (tumbuh 55,9 persen) Korea Selatan (tumbuh 557,7 persen) Britania Raya dan Eropa (tumbuh 56,3 persen), serta Amerika Serikat (tumbuh 147, 4 persen).
"BNI memberikan solusi kepada nasabah untuk dapat melakukan transaksi remittance secara aman. Dalam situasi pandemi Covid-19, fasilitas yang disiapkan BNI adalah sangat tepat, karena diberikan secara digital tanpa harus keluar rumah sehingga mengurangi risiko terpapar virus. Hal tersebut merupakan komitmen BNI untuk memberikan yang terbaik bagi lebih dari 700 ribu nasabahnya di luar negeri,” tuturnya.
Di samping digitalisasi transaksi remitansi, KCLN juga berperan aktif membantu pembukaan rekening tabungan BNI bagi Diaspora Indonesia secara digital melalui e-form sekaligus membantu proses aktivasi BNI Mobile Banking di luar negeri. Diharapkan Diaspora akan lebih mudah melakukan transaksi untuk kepeluannya di Indonesia seperti membayar listrik, BPJS, pajak dan transaksi lainnya melalui BNI Mobile Banking.
Di dalam negeri, BNI juga memberikan fasilitas kepada nasabah retail terutama ekspatriat yang ingin melakukan kiriman uang ke luar negeri secara digital melalui fitur International Remittance pada aplikasi BNI Mobile Banking. Per Juni 2020, transaksi International Remittance pada aplikasi BNI Mobile Banking telah mengalami pertumbuhan sebanyak 49,1 persen dibandingkan dengan Juni 2019.
Sementara Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya menambahma BNI MoRe merupakan salah satu sumbangsih nyata BNI Singapura untuk membantu para Pekerja Migran Indonesia dalam melakukan kiriman uang secara digital ke keluarga di Indonesia dengan aman dan mudah.