Sholat Tahajud Rasulullah, Seperti Apa?

Rasulullah senantiasa melaksanakan sholat tahajud semasa hidupnya.

Republika/Kurnia Fakhrini
Sholat Tahajud Rasulullah, Seperti Apa?
Rep: Rossi Handayani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam senantiasa melaksanakan sholat sunnah tahajud (qiyamul lail) semasa hidupnya. Bahkan, Rasulullah mengerjakannya hingga kedua telapak kaki beliau bengkak. 

Baca Juga


Dikutip dari buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Abdullah B. Abdirrahman al-Jibrin, niat sholat berada dalam hati. Jangan melafalkan niatnya dengan mengucapkan 'Ushalli lillaahi shalaata kadzaa wa kadzaa' (saya niat karena Allah untuk shalat anu.. anu..)' karena melafalkan niat itu mengada-ada dalam urusan agama.

Salah satu bacaan iftitah yang dibaca oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika sholat malam, yakni

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اِهْدِنِى لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِى مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

"Allahumma robba jibroo-iila wa mii-ka-iila wa isroofiila, faathiros samaawaati wal ardhi ‘aliimal ghoibi wasy syahaadah anta tahkumu bayna ‘ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun, ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi-idznik, innaka tahdi man tasyaa-u ilaa shirootim mustaqiim." 

Artinya: "Ya Allah, Rabbnya Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Rabb yang mengetahui yang ghaib dan nyata. Engkau yang menjatuhkan hukum untuk memutuskan apa yang mereka pertentangkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran apa yang dipertentangkan dengan seizin dari-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki)," (HR Muslim).

 

Rasulullah sholat tahajud terkadang sambil berdiri dan duduk. Dikutip dari buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, "Rasulullah mengerjakan sholat sepanjang malam sambil berdiri, dan sepanjang malam sambil duduk. Apabila beliau membaca ayat sambil berdiri, maka beliau ruku sambil berdiri. Jika beliau membaca ayat sambil duduk, maka beliau ruku sambil duduk," (HR Muslim dan Abu Dawud). 

Ketika usia Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam semakin tua, beliau melakukan sholat sunnah sambil duduk. "Terkadang beliau sholat sambil duduk dan beliau membaca ayat sambil duduk. Apabila tersisa sekira 30 atau 40 ayat, beliau berdiri dan membaca yang tersisa sambil berdiri. Kemudian beliau ruku dan sujud. Lalu beliau melakukan hal yang sama pada rakaat yang kedua."

وإنما صلى السبحة قا عدا في آخر حياته لما أسن، وذلك قبل وفاته بعام

"Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengerjakan sholat sunnah sambil duduk hanya pada akhir hayatnya ketika beliau sudah semakin tua. Hal itu beliau lakukan setahun sebelum wafat," (hadits riwayat Muslim dan Ahmad).

كان يجلس متربعا 

 

"Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengerjakan sholat sambil duduk sambil bersila," (hadits riwayat an-nasai, Ibnu Khuzaimah dan al-Hakim). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler