Sidebar

Arab Saudi Hukum Mantan Pemimpin Hamas 15 Tahun Penjara

Tuesday, 10 Aug 2021 05:29 WIB
Warga Palestina berdemonstrasi menuntut pembebasan warga negara Palestina berusia 83 tahun yang ditahan di Arab Saudi, Mohammed al-Khudari, di Kota Gaza, Gaza pada 27 Maret 2021.

IHRAM.CO.ID, AMMAN -- Pengadilan pidana Saudi pada Minggu menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara kepada eks representatif Hamas Mohammed Al-Khudari untuk Saudi atas tuduhan mendukung kelompok Palestina.


Saudara Mohammed, Abdel-Majed Al-Khudari, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pengadilan mengurangi masa hukuman saudaranya hingga setengahnya. Putra Mohammed, Hani Al-Khudari juga dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Seperti dilansir Anadolu Agency, Khader Mashayekh, kepala komite urusan tahanan Yordania di Arab Saudi, mengonfirmasi hukuman penjara untuk Al-Khudari. Namun, pihak berwenang Saudi belum mengeluarkan pernyataan resmi soal putusan tersebut.

Menurut Hamas, pihak berwenang Saudi telah menangkap 60 anggota kelompok dan simpatisan, termasuk Al-Khudari.

Pada Februari, Amnesty International mengatakan Al-Khudari, 83, telah menjalani perawatan dan operasi kanker prostat ketika pihak berwenang Saudi menangkap dia dan putranya pada 4 April 2019.

Kelompok HAM yang berbasis di London meminta raja Saudi untuk memastikan bahwa "tuduhan tidak berdasar" terhadap Al-Khudari dan putranya dicabut sekaligus mendesak pembebasan mereka.

Berita terkait

Berita Lainnya