Karakteristik Media Berbasis Komputer

Karakteristik Media Berbasis Komputer

.
Rep: Recika Ranna Red: Retizen

Media pembelajaran berbasis komputer adalah suatu media pembelajaran, yang menyajikan materi dan soal uji kompetensi, yang dapat digunakan oleh guru, sebagai alat bantu mengajar, dan siswa, sebagai sumber belajar mandiri, yang memerlukan komputer dalam pengoperasiannya. Dimana sekarang banyak digunakan oleh kalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Pada saat ini media berbasis komputer sangatlah dibutuhkan apalagi dalam bidang pendidikan, selain mudah digunakan media ini juga dapat menghemat waktu.


• Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran secara umum mengikuti proses intruksional sebagai berikut :

Merencanakan mengatur dan mengorganisasikan serta menjadwalkan pelajaran

Mengevaluasi siswa (tes)

Mengumpulkan data mengenai siswa

Melakukan analisis statistik mengenai data pembelajaran

Membuat catatan perkembangan pembelajaran

Salah satu media yang berbasis komputer yaitu seperti google classroom, zoom, google meet, power point, word, dan sebagainya.

• Fungsi Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran

Media komputer dalam kegiatan pembelajaran mempunyai tiga fungsi, diantaranya adalah:

Fungsi Kognitif. Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.

Fungsi Afektif. Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.

Fungsi Psikomotor. Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi huruf hija’iyah.

• Implementasi Media Komputer dalam Pembelajaran

Presentasi. Kelebihan penggunaan perangkat lunak seperti Microsoft power pointadalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound di dalam persentasi power point sehingga dapat dibuat semenarik mungkin.

CD Multimedia Interaktif. Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia, terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi: sound, animasi, video, teks dan grafis.

Video Pembelajaran. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, dan lain-lain.

Internet. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik.

• Kelebihan Media Berbasis Komputer

Peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi.

Peserta didik dapat melakukan control terhadap aktifitas belajarnya.

Peserta didik menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.

Membantu peserta didik yang memiliki kecepatan belajar lambat (slow learner) agar belajar efektif karena kemampuan komputer untuk menanyakan kembali informasi yang diperlukan.

Memacu evektifitas belajar bagi peserta didik yang lebih cepat (fast learner)

• Kekurangan Media Berbasis Komputer

Memerlukan biaya yang relatif tinggi dalam pengadaan, pengembangan program, pemeliharaan, dan perawatan komputer untuk pembelajaran yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Pprogram komputer memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak dengan spesifikasi yang sesuai compatibility, sehingga terhindarincompability antara hardware dan software.

Mendesai/ merancang dan memproduksi program komputer untuk pembelajaran tidak mudah, melainkan memerlukan kegiatan intensif yang memerlukan banyak waktu dan keahlian khusus.

Keterbatasan infrastruktur pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Mengalami kendala dalam hal sumber daya manusia, seperti masih tingginya tingkat Computer Illiteracy yaitu sikap yang mmasih enggan mencoba komputer sebagai sarana untuk memperoleh informasi dan pengetahuan.

sumber : https://retizen.id/posts/15939/karakteristik-media-berbasis-komputer
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Retizen bermakna Republika Netizen. Retizen adalah wadah bagi pembaca Republika.co.id untuk berkumpul dan berbagi informasi mengenai beragam hal. Republika melakukan seleksi dan berhak menayangkan berbagai kiriman Anda baik dalam dalam bentuk video, tulisan, maupun foto. Video, tulisan, dan foto yang dikirim tidak boleh sesuatu yang hoaks, berita kebohongan, hujatan, ujaran kebencian, pornografi dan pornoaksi, SARA, dan menghina kepercayaan/agama/etnisitas pihak lain. Pertanggungjawaban semua konten yang dikirim sepenuhnya ada pada pengirim. Silakan kirimkan video, tulisan dan foto ke retizen@rol.republika.co.id.
Berita Terpopuler