Ini Puskesmas dengan Kepuasan Layanan Tertinggi di Jakarta

Puskesmas Pulogadung meraih rating tertinggi di DKI Jakarta

.Puskesmas Pulogadung meraih rating tertinggi di DKI Jakarta
Rep: Aris Nur Ramdhani Red: Retizen

Di era big data ini, seseorang sangat mudah memberikan penilaian sesuai dengan kepuasan yang diterima. Menurut penelitian Rosita, Marhanah dan Wahadi (2016) kepuasaan pelanggan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kualitas pelayanan dan emosional. Pada penelitian Haq dan Rachmat (2020) emosional menjadi faktor penting penentuan baik buruknya sebuah ulasan dan pemeringkatan. Salahsatu fitur yang popular adalah google review. Google review yang terintegrasi dengan google maps dan google business yang memungkinkan seseorang mengulas dan mem-posting pengalaman yang dirasakan terhadap kualitas pelayanan atau produk. Ulasan yang ada di google review cukup riil menginterpretasikan kepuasan pelanggan.


Pelayanan publik merupakan tempat yang tidak lepas dari penilaian masyarakat. Salah satunya adalah puskesmas, pelayanan publik yang berfungsi sebagai ujung tombak pelaksana kebijakan pemerintah di bidang kesehatan. Masyarakat memberikan langsung penilaian terhadap pelayanan yang diterima baik pelayanan promotif, preventif maupun kuratif melalui google review.

Puskesmas Kecamatan di DKI Jakarta berjumlah 44. Berikut daftar 10 puskesmas dengan rating tertinggi di DKI Jakarta diurutkan berdasarkan skor rating masing-masing dan banyaknya jumlah ulasan.

1. Puskesmas Kecamatan Pulogadung, rating 4.7 dengan 784 ulasan

2. Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, rating 4.2 dengan 261 ulasan

3. Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, rating 4.1 dengan 101 ulasan

4. Puskesmas Kecamatan Palmerah, rating 4.1 dengan 389 ulasan

5. Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, rating 4.1 dengan 381 ulasan

6. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, rating 4.0 dengan 132 ulasan

7. Puskesmas Kecamatan Johar Baru, rating 4.0 dengan 95 ulasan

8. Puskesmas Kecamatan Cilandak, rating 3.9 dengan 271 ulasan

9. Puskesmas Kecamatan Kemayoran, 3.9 dengan 220 ulasan

10. Puskesmas Kecamatan Kembangan, 3.9 dengan 96 ulasan

(Sumber Google Review tanggal 2 Desember 2021, pukul 14.30 WIB)

Puskesmas memiliki peranan sental di masyarakat, terlebih masa pandemi seperti sekarang. Tugasnya dalam penanggulangan pandemi diantaranya preventif, deteksi dan respons. Penguatan puskesmas perlu ditingkatkan dengan dukungan dari berbagai pihak guna penanggulangan pandemi dan untuk mencapai masyarakat dengan derajat kesehatan yang tinggi.

Aris Nur Ramdhani | 02 Desember 2021

sumber : https://retizen.id/posts/17883/puskesmas-dengan-kepuasan-pelanggan-tertinggi-di-jakarta
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Retizen bermakna Republika Netizen. Retizen adalah wadah bagi pembaca Republika.co.id untuk berkumpul dan berbagi informasi mengenai beragam hal. Republika melakukan seleksi dan berhak menayangkan berbagai kiriman Anda baik dalam dalam bentuk video, tulisan, maupun foto. Video, tulisan, dan foto yang dikirim tidak boleh sesuatu yang hoaks, berita kebohongan, hujatan, ujaran kebencian, pornografi dan pornoaksi, SARA, dan menghina kepercayaan/agama/etnisitas pihak lain. Pertanggungjawaban semua konten yang dikirim sepenuhnya ada pada pengirim. Silakan kirimkan video, tulisan dan foto ke retizen@rol.republika.co.id.
Berita Terpopuler