5 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia yang Tampil di Piala Afrika 2021

Serie A Liga Italia menjadi salah satu destinasi pemain asal Afrika untuk berkarier.

EPA-EFE/GABRIELE MENIS
Bek Napoli dan timnas Senegal, Kalidou Koulibaly.
Rep: Muhammad Ikhwanuddin Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Afrika 2021 sudah mulai digelar sejak Senin (10/1/2022). Dikenal sebagai benua penghasil sejumlah pemain berbakat, tak sedikit wajah-wajah pemain yang mentereng di level klub.

Kasta tertinggi sepak bola Italia, Serie A, menjadi salah satu destinasi pemain asal Afrika untuk berkarier. Laman Football Italia pada Selasa (11/1/2022) pun merangkum nama-nama pemain hebat asal Benua Hitam di panggung sepak bola Negeri Pizza tersebut. Berikut daftarnya.

1. Kalidou Koulibaly

Kapten Napoli itu dipanggil untuk membela negaranya, Senegal, di Piala Afrika 2021. Namun sayangnya, Koulibally harus absen di laga pembuka kontra Zimbabwe, Senin (10/1/2022) akibat positif Covid-19.

Koulibally merupakan salah satu pemegang peran penting di skuad Napoli. Ia sudah mencatat 300 penampilan bersama Partenopei di semua kompetisi. Performanya selama menjaga benteng pertahanan klub bahkan membuatnya sempat dirumorkan pindah ke Manchester United.

2. Franck Kessie

Pemain asal Pantai Gading, Franck Kessie, sempat menjadi buah bibir lantaran performa apiknya bersama AC Milan. Gelandang berusia 25 tahun itu berkali-kali masuk ke dalam pusaran rumor transfer di beberapa bursa transfer terakhir.

Baca Juga


Gelandang AC Milan dan timnas Pantai Gading, Franck Kessie - (. EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI)


Saat ini, dirinya diminta kembali ke Pantai Gading untuk membela negaranya di Piala Afrika 2021. Ia akan satu tim dengan beberapa pemain bintang lain seperti Eric Bailly, Nicolas Pepe, dan Wilfried Zaha.

3. Ismael Bennacer

Rekan satu klub Franck Kessie di AC Milan, Ismael Bennacer, juga akan tampil di Piala Afrika 2021. Namun, dirinya akan berada di kubu timnas Aljazair.

Pemain AC Milan dan timnas Aljazair, Ismael Bennacer - (EPA-EFE/MATTEO BAZZI)


Negaranya sedang berusaha mempertahankan gelar AFCON 2019 lalu bersama bintang Manchester City, Riyad Mahrez. Keduanya sama-sama menjadi pemain yang diperhitungkan di Piala Afrika edisi tahun ini.

4. Sofyan Amrabat

Gelandang Fiorentina dan timnas Maroko, Sofyan Amrabat  - (EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI)

 


Pemain Fiorentina ini digadang-gadang bakal bersinar bersama timnas Maroko di Piala Afrika 2021. Meski dirinya kurang mendapat kesempatan bersama La Viola di musim 2021/2022, Amrabat bisa menjadi ancaman siapapun jika disandingkan bersama Achraf Hakimi.

5. Andre-Frank Zambo Anguissa

Pemain Fulham yang sedang dipinjamkan ke Napoli, Andre-Frank Zambo Anguissa, diprediksi akan tampil apik di Piala Afrika 2021. Negaranya, Kamerun, yang berperan sebagai tuan rumah tentu ingin menjadi salah satu kandidat juara.

Pemain Napoli Andre-Frank Zambo Anguissa dan timnas Kamerun (kiri)  - (EPA-EFE/Peter Powel)

 

 


Anguissa pun akan berada di kubu Kamerun bersama beberapa pemain bintang lain seperti Eric Maxim-Choupo-Moting dan Vincent Aboubakar. Ia ingin membuktikan kepada Napoli bahwa dirinya layak dipermanenkan mengingat kontrak peminjamannya akan berakhir pada pertengahan tahun ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler