Baznas Pertahankan Sertifikat Manajemen Mutu ISO
IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mempertahankan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. "Alhamdulillah Baznas kembali berhasil menorehkan capaian positif pada masa-masa krisis akibat pandemi Covid-19 ini. Penghargaan ini tentu harus jadi kekuatan yang memicu kita ke depan, karena penghargaan ini sekaligus menunjukkan manajemen Baznas yang berjalan telah memenuhi persyaratan yang berlaku," kata Ketua Baznas, Prof Noor Achmad, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.
Prof Noor Achman menyebut, sertifikat ini menjadi kado HUT Baznas ke-21 pada 17 Januari 2022. Sertifikat manajemen mutu yang secara konsisten diraih Baznas dalam setiap tahunnya ini menjadi penyempurna Baznas dalam mengelola zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dengan menerapkan sistem manajemen mutu berstandar Internasional di seluruh unit kerja Baznas.Sertifikat ISO 9001:2015 dikeluarkan oleh sebuah Badan Sertifikasi Internasional berbasis di Inggris, Worldwide Quality Assurance (WQA), yang menyediakan sertifikasi untuk berbagai sistem manajemen.
Noor mengatakan, sertifikat ISO 9001:2015 merupakan bukti profesionalitas Baznas dalam melayani muzaki dan mustahik. Sistem tata kelola dana umat di Baznas selama ini telah teruji dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.
Dia mengungkapkan, dalam melaksanakan dua perannya sebagai koordinator sekaligus operator pengelolaan zakat nasional, Baznas perlu menyempurnakan sistem sesuai standar ISO 9001:2015 agar pengelolaan zakat berjalan efektif dan efisien. Prof Noor menambahkan, pencapaian ini juga merupakan bentuk integritas amil yang tinggi serta dukungan kepercayaan penuh dari masyarakat.
Ia menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Baznas yang dapat mempertahankan kinerja meski ada sebagian amil yang berada di lokasi yang berjauhan. Adapun Baznas terus memperbarui sistem manajemen mutu mengikuti standar internasional akreditasi ISO.
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 merupakan sistem manajemen yang mengarahkan dan mengendalikan organisasi berkaitan dengan kualitas, manajemen mutu berarti menjamin bahwa pelayanan jasanya memenuhi persyaratan mutu pelanggan serta mematuhi peraturan yang berlaku dalam jasa tersebut.