Film Ini Memiliki Cara Promosi yang 'Menipu' Penonton

Trailer maupun poster film ini dianggap mengecoh penonton.

Warner Bros
Film-film yang cara promosinya dianggap menipu penonton, versi situs Reddit.
Rep: Rahma Sulistya Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pernahkah menonton sebuah film lalu merasa itu tidak sesuai dengan ekspektasi? Ternyata banyak orang yang merasakan hal itu. Mereka merasa apa yang mereka tonton, tidak sebaik apa yang mereka promosikan. Entah itu trailer yang menipu atau poster yang menyesatkan.

Baca Juga


Tapi untuk sampai pada hal itu, harus dipahami juga bahwa membuat film adalah persoalan bisnis. Studio pasti memasarkan film untuk menarik sebanyak mungkin pemirsa potensial, meskipun jika itu harus menyesatkan target pasar mereka. Berikut ini adalah lima film yang dinilai jauh dari harapan penonton versi situs Reddit, seperti dilansir di laman Screen Rant, Ahad (31/1/2022):

1. Godzilla (2014)

Godzilla - (dok Warner Bros)

 

Selama puncak popularitas serial drama "Breaking Bad", Bryan Cranston menjadi salah satu aktor yang paling dicari saat itu. Banyak studio mengandalkan cinta penggemar atas perannya sebagai Walter White, dan dia muncul di lusinan film blockbuster hampir dalam semalam.

Salah satu film laris itu adalah Godzilla. Warner Bros memfokuskan iklan pada Bryan Cranston. Menjelang rilis film, semua orang mendapat kesan bahwa Cranston adalah karakter utama. Sayangnya, Cranston terbunuh dalam sepertiga perjalanan film. Meskipun Godzilla 2014 masih jadi perilisan terbaik, waktu layar Cranston yang sangat minim itu cukup mengecewakan.

2. Jennifer’s Body (2009)

Film Jennifers Body. - (20th Century Fox)

 

Megan Fox adalah ikon budaya pop tahun 2000-an, sama halnya seperti Marilyn Monroe pada 1950-an. Setelah kesuksesan film Transformers, wajahnya menjadi poster di banyak kamar tidur remaja laki-laki. Tampaknya film ini dipasarkan sengaja untuk remaja laki-laki. Seolah menyoroti tubuh Megan, Jennifer's Body ternyata bercerita tentang kisah persahabatan perempuan yang unik.

3. Kangaroo Jack (2003)

Film Kangaroo Jack. - (Warner Bros. Pictures)

 

Kangaroo Jack terkenal dengan promosinya yang berfokus pada kanguru yang bisa menari, untuk menarik perhatian anak-anak. Tapi film sebenarnya hampir "tidak menampilkan" kanguru, dan lebih menceritakan komedi remaja.

4. Downsizing (2017)

Film Downsizing. - (Paramount Pictures)

 

Promosi Downsizing menyebut film ini total bait-and-switch. Trailer menampilkan orang-orang seukuran semut yang minum dari botol vodka seukuran aslinya, lalu menjadi jutawan di dunia yang menyusut, di mana semuanya adalah sebagian kecil dari harga dunia nyata.

Tapi film ini cukup serius, filosofis, dan sangat terasa seperti sang penulis skenario Charlie Kaufman, bagaimana ia menggunakan surealisme untuk menceritakan sebuah kisah tentang patah hati dan hubungan yang rumit. Di trailer, Kristen Wiig banyak ditampilkan, namun ia tak ada sama sekali.

5. Catfish (2010)

Film Catfish. - (Universal Pictures)

 

Salah satu film utama pada 2010-an yang memimpin zeitgeist adalah Catfish. Judul film tersebut telah menjadi ungkapan populer yang diucapkan setiap hari. Ternyata, film sebenarnya bukanlah apa yang dipromosikan kepada penonton. 

Film ini disebut sebagai film horor seperti Blair Witch, tapi itu hanya film dokumenter yang sangat melodramatis. Bahkan, film ini diadaptasi menjadi serial reality TV.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler