PLN: Listrik Padam di Desa Wadas Akibat Pohon Tumbang
Proses pencarian penyebab padam membutuhkan waktu yang lebih lama.
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT PLN (Persero) menepis tudingan adanya unsur kesengajaan padamnya listrik demi menghambat komunikasi warga di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. Ditegaskan, pemadaman listrik di Desa Wadas terjadi akibat adanya gangguan pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN.
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang Yunarsih menjelaskan PLN memastikan terus menjalankan tugasnya menjaga pasokan listrik ke pelanggan dan perseroan tidak terlibat dalam kegiatan di luar itu.
“PLN tidak bisa serta merta memadamkan aliran listrik tanpa alasan yang jelas, kecuali dalam keadaan darurat seperti bencana alam. Faktor lain yang menyebabkan listrik padam adalah gangguan,” kata dia.
Berdasarkan penelusuran di lapangan, lanjut dia, padamnya listrik yang terjadi pada 9 Februari 2022 di Desa Wadas akibat pohon bambu yang tumbang menimpa jaringan. Namun pada pukul 10.20 WIB gangguan telah berhasil ditangani petugas dan aliran listrik sudah kembali pulih.
Ia mengakui upaya lokalisir memang terhambat akibat lalu lintas yang ramai dan padat di sekitar lokasi, sehingga proses pencarian penyebab padam membutuhkan waktu yang lebih lama.
Pada dua hari sebelumnya yaitu pada 7 Februari 2022 pukul 20.58 WIB juga terdapat gangguan yang disebabkan oleh faktor binatang di lokasi yang sama. Pada pukul 23.00 WIB PLN berhasil mengatasi dan langsung memulihkan aliran listrik.
Sedangkan pada Selasa tanggal 8 Februari 2022 PLN tidak menerima informasi terkait padam listrik seperti yang diberitakan. “Jadi memang murni karena adanya gangguan dari alam, tidak ada unsur kesengajaan. Kami berkomitmen untuk terus memberikan listrik yang handal kepada masyarakat,” ujar Yunarsih.
Diimbau bagi masyarakat yang ingin melaporkan gangguan ataupun mendapatkan informasi seputar kelistrikan dapat melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore ataupun menghubungi Contact Center 123.