13 Bandara AP I  Dapat Pengakuan dari ACI

Pengakuan dari ACI jadi komitmen AP I untuk beradaptasi selama pandemi

Antara/Basri Marzuki
Petugas membersihkan koridor terminal keberangkatan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan. Sebanyak 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) mendapatkan pengakuan The Voice of Customer dari Airport Council International (ACI). Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pengakuan tersebut merupakan apresiasi atas komitmen bandara-bandara AP I yang terus beradaptasi dengan pelanggan selama pandemi Covid-19 pada 2021.
Rep: Rahayu Subekti Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) mendapatkan pengakuan The Voice of Customer dari Airport Council International (ACI). Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pengakuan tersebut merupakan apresiasi atas komitmen bandara-bandara AP I yang terus beradaptasi dengan pelanggan selama pandemi Covid-19 pada 2021. 

Baca Juga


"Pengakuan ini merupakan apresiasi atas  berbagai upaya Angkasa Pura I yang terus berkomitmen mendengarkan suara pengguna jasa, beradaptasi dan berinovasi dalam memberikan standar pelayanan tertinggi bagi pengguna jasa di tengah situasi pandemi Covid-19 secara berkelanjutan,” kata Faik dalam pernyataan tertulisnya, Senin (14/2/2022). 

Semua 13 bandara Angkasa Pura I  tersebut yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Faik memastikan Angkasa Pura I selalu mendengarkan suara pengguna jasa sebagai langkah untuk terus memberikan pelayanan dan inovasi terbaik. Selain itu di tengah kondisi pandemi seperti saat ini juga berupaya untuk meminimalisir laju penularan Covid-19. 

"Upaya melalui implementasi protokol kesehatan secara ketat dan menerapkan berbagai prosedur tambahan yang sejalan dengan peraturan yang berlaku demi memastikan kenyamanan, keamanan dan kesehatan pengguna jasa dalam melakukan perjalanan udara,” jelas Faik.

Dia memastikan, Angkasa Pura I telah meluncurkan berbagai inovasi pelayanan di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna jasa secara optimal. 

"Semoga pengakuan ini menjadi penyemangat bagi insan Angkasa Pura Airports untuk tetap memberikan dan mempertahankan pelayanan terbaik di tengah masa pandemi ini," tutur Faik.

Sementara itu, Director General ACI World, Luis Felipe de Oliveira menuturkan, pandemi telah menyebabkan perubahan substansial dalam perilaku manusia dan memancing ekspektasi yang baru soal bagaimana produk dan servis seharusnya dirasakan  mulai dari memprioritaskan kesehatan hingga peningkatan digitalisasi seperti touchpoint tanpa sentuh.

"The Voice of Customer menyoroti komitmen yang dilakukan oleh bandara-bandara untuk memahami kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dalam waktu yang penuh tantangan ini," ungkap Luis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler